Mengungkap Canggihnya Teknologi MIVEC yang Dimiliki Mitsubishi Xpander

Sebelum Xpander, mobil pertama yang berhasil mempopulerkan MIVEC ialah sedan Mitsubishi Lancer.

Minggu, 21 Januari 2018 16:32
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Setiap brand mobil memiliki teknologi andalan yang menjadi daya jual mereka ketika memperkenalkan produk. Toyota terkenal dengan VVT-i, Honda mahsyur menggunakan VTEC dan Mitsubishi sendiri lebih suka dengan MIVEC.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan teknologi MIVEC seperti yang ada pada mesin Mitsubishi Xpander?

MIVEC memiliki kepanjangan Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 silam dengan menjajalnya pada mesin 4G92 yang mengkombinasikan 16 katup DOHC berkubikasi 1.597 cc. Pada saat itu, namanya masih Mitsubishi Innovative Valve timing dan lift Electronic Control.

Mobil pertama yang berhasil mempopulerkan MIVEC ialah Mitsubishi Mirage dan sedan Lancer.

Hasil penanaman MIVEC saat itu berhasil meningkatkan power di mana mesin 4G92 konvensional yang hanya mampu mengeluarkan power 143 HP / 7.000 rpm naik tingkat menjadi 173 HP / 7.500 rpm.

Setelah berhasil menambah tenaga mobil cukup besar, pengembangan MIVEC belakangan bergeser untuk memperbaiki kemampuan efisiensi mesin.

Hal itu turut dipengaruhi oleh pola pengoperasian MIVEC lama dan baru. Model lawas MIVEC mengandalkan 2 sistem. Pertama mengubah perbedaan bukaan katup dan lamanya membuka dengan menyesuaikan putaran mesin, supaya tidak terbuka terlalu lama. Lalu, di fase kedua, buka-tutup katup diubah menjadi terus-menerus.


Sedangkan pola MIVEC baru, justru menggabungkan keduanya sehingga hanya dalam satu kali mekanisme, diubahlah tingkat angkat katup isap untuk menentukan waktu dan lamanya katup terbuka.

Peran peranti pengiritan bahan bakar tersebut lantas diaplikasikan ke dalam Xpander yang mampu menghasilkan efisiensi mumpuni tanpa menganaktirikan power dan torsi. Setidaknya begitulah klaim Mitsubishi.

Merunut power yang dimiliki Xpander, teknologi MIVEC tidaklah membuat MPV ini bertengger sebagai raja di kelas yang sama, namun dirasa cukup untuk menangani kebutuhan keluarga Indonesia.

Tapi Xpander punya klaim power lebih tinggi dengan 104 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm, apabila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang hanya mampu menelurkan 92 PS dan torsi 130 Nm.

SUDAH BACA INI BELUM?

    (kpl/sdi)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami