Mengulik Fitur Baru ETLE, Tembus Sampai Kabin Mobil

Setelah resmi diterapkan, kini kamera CCTV sistem ETLE memiliki fitur tambahan. Sehingga pelanggaran yang terekam bisa semakin detail.

Rabu, 10 Juli 2019 21:45
Mengulik Fitur Baru ETLE, Tembus Sampai Kabin Mobil Sistem ETLE semakin canggih (Twitter/TMC Polda Metro Jaya)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah dilakukan sejak November 2018 lalu di ruas jalan Sudirman-Thamrin. Selama masa uji coba, kemampuan kamera CCTV untuk menangkap pelanggaran baru sebatas pelanggaran marka jalan dan menerobos lampu merah.

Kini Polda Metro Jaya sudah resmi menerapkan sistem tersebut. Kemampuan kamera CCTV pun ditingkatkan, dengan penambahan fitur. Kamera CCTV itu sudah bisa merekam pelanggaran yang dilakukan pengemudi secara lebih detail.

"CCTV yang baru ini memiliki fitur tambahan yang lebih canggih, karena mampu melihat dalam mobil, walau mobil itu menggunakan kaca gelap dan pada kondisi malam hari. Sehingga pelanggaran penggunaan ponsel saat berkendara dan pelanggaran tidak mengenakan sabuk pengaman bisa tertangkap kamera. Pelanggaran ganjil genap juga bisa ditangkap kamera," terang Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, Rabu (10/7/2019), disitat dari Merdeka.com.

Lanjut Yusuf, penerapan ETLE cukup efektif dan efisien. Kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR) bisa mendeteksi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor secara otomatis, merekam, dan menyimpan bukti pelanggaran.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami