Menguak Rahasia 9 Mobil Mewah 'Koruptor' Bank Mandiri

Kasus korupsi terus bergulir di Indonesia. Setelah beberapa nama seperti Wawan dan Akil Mochtar, kini giliran 4 nama tersangka diperiksa beserta 9 mobil mewah mereka sebagai bukti. 

Jum'at, 25 Oktober 2013 04:30
Menguak Rahasia 9 Mobil Mewah 'Koruptor' Bank Mandiri Mobil mewah koruptor

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kasus korupsi terus bergulir di Indonesia. Setelah beberapa nama seperti Wawan dan Akil Mochtar, kini giliran 4 nama tersangka diperiksa beserta 9 mobil mewah mereka sebagai bukti. Lebih mengherankannya, semua tipe kendaraan sitaan milik para koruptor ini, tidak ada yang mengamini karakter mobil murah.

Secara rinci, Toyota Fortuner, Hummer, Honda Freed, Jazz, CR-V, Toyota Alphard, Mercy SLK-Class, Mercy E-Class dan Toyota Altis terparkir rapi di halaman parkir Mabes Polri. Mari kaji lebih dalam tentang mobil-mobil ini, berapa rupiahkah yang harus dikeluarkan untuk membeli 9 mobil mewah tersebut?

Padahal, total pembiyayaan yang keluar dari kantung Bank Mandiri pusat kepada Bank Mandiri Syariah cabang pembantu Bogor ini, menurut merdeka (24/10), mencapai
Rp 102 miliar.

Mobil mewah koruptor

Seberapa mewah dan elegankah 9 varian mobil mewah sitaan milik para koruptor itu? Berikut ulasan mendalam tentang 9 karakter mewah mobil-mobil para koruptor Bank Mandiri.





1 dari 9 Halaman

Toyota Fortuner 2.5 G MT 2009

Toyota Fortuner 2.5 G MT 2009

Lihat yang satu ini, sebuah karakter apik dari Toyota Fortuner 2.5 G. Mobil harga jual bekasnya masih sampai di angka Rp 300 jutaan. Melihat lebih dalam lagi dari varian ini, mobil ini memang cukup menarik.

Ilustrasi Toyota Fortuner

Sisi eksterior menjadi pemandangan pertamanya. Grille depan, karakter Kekar dan gagah menjadi ciri komplit Toyota Fortuner 2.5 G. Di samping performa  maksimalnya sebagai SUV 7 penumpang, varian ini juga sangat istimewa dengan harga istimewanya. Apalagi pemiliknya adalah seorang koruptor.

Untuk harga seri anyar Toyota Fortuner 2.5 2013, dihargai hingga Rp 400 jutaan. Mungkin masih harga yang kecil bagi seorang koruptor.

2 dari 9 Halaman

Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis

Varian Toyota berikutnya yang dipilih oleh para koruptor tersebut adalah Toyota Corolla Altis. Melihat karakter sedan berharga jual Rp 376 jutaan seperti Corolla New Altis G (2013), sudah bisa dibayangkan, ini juga sedan yang cukup istimewa.

Bicara soal kemampuan, koruptor pemilik mobil ini bisa memanfaatkan mesin bersilinder 1.8 liter dengan total tenaga 138 hp dan torsi puncak 173 Nm. Apalagi masih ada sistem VVT-i sebagai teknologi penghematan bahan bakar.

3 dari 9 Halaman

Toyota Alphard

Toyota Alphard

Varian yang juga tak kalah mahal dan juga mewah dari para koruptor Bank Mandiri Syariah ini adalah Toyota  Alphard. Dari luarnya saja, sudah jelas Toyota Alphard memiliki dandanan super mewah dan juga sangat berkelas di kelasnya.

Seri MPV yang bergaya dengan grille lebar, alloy wheel, dan berbagai fitur lain ini, mampu mengedepankan sisi eksotikanya yang kuat itu secara elegan. Apalagi, didukung juga dengan kualitas interior dan sistem keamanan yang tak kalah apik seperti captain seat, smart entry dan child protection.

Toyota Alphard

Urusan performa, jantung pacu V6 berkapasitas 3.5 liter menjadi senjata andalannya. Mesin ini ditunjang juga dengan teknologi VVT-I, ETCS-I dan Acoustic Controlled induction System (ACIS) yang menjadikannya makin mantap dijalanan.

Soal harga, tentunya sepadan atribut yang dipakai. Toyota Alphard super white pearl di hargai hingga Rp 695 juta di area Jakarta. Mantap juga kan harganya!

4 dari 9 Halaman

Honda CR-V

Honda CR-V

Siapa juga yang tidak mengenal Honda CR-V. Varian yang sudah lama mendiami bumi otomotif di Indonesia ini, cukup populer dan tentu saja laris di bursa  penjualan mobil Indonesia.

Karakter SUV mewah menjadi ciri khasnya. Tidak hanya dari eksterior yang nampak mewah, interiornya pun tak kalah mumpuni dengan keistimewaannya. Segudang  fitur tertanam apik di dalam interiornya seperti kursi penumpang 4-ways, power rear windows, valet function dan masih banyak lagi ada dan disediakan untuk  siapa pun yang memilikinya.

Soal harga, tentu tidak main-main. Harga Honda CR-V ini masih berada di kisaran Rp 374 jutaan di Jakarta. 

Kalau dipikir-pikir Honda CR-V ini memang masih kalah dengan harta milik tersangka Akil Mochtar dan Wawan. Tapi, kalau untuk korupsi seperti mereka ini, mungkin akan berbeda.

Honda CR-V

5 dari 9 Halaman

Honda Jazz

Honda Jazz

Satu lagi varian yang tak kalah menarik dari kasus ini adalah Honda Jazz bernopol F 39 A. City car mewah ini juga tak kalah pamor dengan 9 mobil lain yang  ikut disita di Mabes Polri. Secara umum, mobil berpenampilan sporty dan performa ini sudah cukup banyak berkeliaran di Indonesia, sebagai city car yang banyak  dicari.

Memang mereka tidak salah pilih untuk varian Honda Jazz ini. Fitur inovatif seperti 5AT dengan Paddle Shift, kapasitas yang cukup fleksibel, ditambah dengan  konsumsi bahan bakar yang hemat, tentu saja performa tetap prima, menjadi komposisi elegan dan menawan dari varian Honda Jazz ini.

Pantaslah jika varian ini dibanderol dengan harga ratusan juta. Untuk versi teranyarnya saja, Honda mematok New Jazz RS Otomatis seharga Rp 234 juta.

6 dari 9 Halaman

Honda Freed

Honda Freed

Mobil Honda masih menjadi pilihan lagi bagi para koruptor ini. Melalui MPV Honda Freed, para koruptor itu bisa makin bergaya. Sebut saja 1.5 liter SOHC, 4 silinder sagaris 16 katup dipadu dengan performa i-VTEC dan DBW adalah senjata rahasia dari varian Honda ini.

Dilihat dari sisi interior pun, Freed juga tak kalah nyaman untuk ditunggangi. Fasilitas seperti dual air bag, digital AC dan dimensi ruang yang lebar,  membuat setiap penumpangnya merasa sangat nyaman. Apalagi ada sistem sliding door dengan pengendali remote, pasti membuat pemilik Honda Freed ini makin  betah di dalamnya.

Honda Freed

Diraba dari harganya juga, Honda Freed ini punya beberapa versi yakni A,S, dan E dengan rentan harga Rp 200 jutaan. Varian berharga tertinggi dipegang oleh  Honda Freed E berharga Rp 269 juta.

7 dari 9 Halaman

Mercedes-Benz SLK 300 (kuning)

Mercedes-Benz SLK 300 (kuning)

Mercedes-Benz (Mercy) SLK 300 inilah yang turut menjadi daftar mobil istimewa selanjutnya. Jika sudah menyentuh produkan dari Mercy, tentu hasilnya makin  istimewa.

Salah satu yang sangat mencolok di deretan 9 mobil hasil korupsi ini adalah Mercy SLK 300 warna kuning. Tak perlu heran jika mobil ini pun menjadi pusat  perhatian, karena dari Brand-nya saja Mercy pasti membawa varian kelas premium nan mempesona.

Lihatlah sisi stylish-nya, tidak perlu dijabarkan panjang lebar lagi, karena orang pasti mudah terlena olehnya. Belum lagi ditambah dengan kemampuan jantung  pacu V6 berkapasitas 3.0 liter. Hasilnya, muncullah tenaga sebesar 228 hp dan torsi hingga 300 Nm.

Lagi-lagi, varian istimewa ini tentu punya harga yang mantap juga. Bursa mobil kapanlagi mencatat versi 2010-nya mencapai harga  Rp 850 juta.

8 dari 9 Halaman

Mercedes-Benz E 300 Avantgarde (2011)

Mercedes-Benz E 300 Avantgarde (2011)

Tak kalah mewah dari edisi Mercy sebelumnya, seri E 300 ini tentunya juga punya cita rasa kelas premium. Harga untuk karya indah Mercy E 300 Avantgarde ini  mencapai Rp 830 juta. Harga premium untuk kelas premium. Cukup fair!

Sekarang mari lihat seberapa hebat mobil ini hingga patut dipilih. Apalagi oleh para koruptor yang punya dhuit sebanyak itu.

Dari sisi eksteriornya jelas indah penuh pesona. Ciri khasnya, radiator grille lebar dan twin-headlamp face menjadi andalan yang membuatnya sangat menawan. 

Sisi dalamnya, tersedia juga berbagai macam fitur yang juga sangat apik.  Mercy E300 ini menyediakan kenikmatan dan kenyamanan maksimum bagi pengendaranya. Ketika pintu depan dibuka, semua rahasia kenikmatan yang ditawarkan, seakan tersibak sepenuhnya. LCD screen lebar sebagai pelengkap COMMAND system langsung menyambut Anda untuk segera dijajal.

Mobil koruptor

Kalau pun ingin memacunya di jalanan, Mercy E300 ini juga sudah mempercayakan kekuatannya pada jantung pacu V6 berkapasitas 3.0 sebagai andalan. Dengan ini,  tenaga 231 hp dan torsi 300 Nm sanggup tercipta.

Kurang apalagi dari karakter istimewa si Mercy E300 ini? Pantaskan jika varian ini menjadi pinangan para koruptor tersebut.

9 dari 9 Halaman

Hummer H3

Hummer H3

Mobil satu ini juga tidak mungkin dianggap remeh. Hummer ini spesial diciptakan untuk kelas mobil adventure mewah berpajak gede. Apalagi, varian ini dijual  di Indonesia.

Secara eksterior, Hummer H3 di desain dengan gaya yang kekar dan tangguh. Secara fisik, karena ciri khas mobil ini khusus diperuntukkan untuk medan adventure,  kaki-kaki di buat lebih tinggi.

Hummer H3

Setelah spesifikasi istimewa tersebut tertanam apik, patutlah jika Hammer H3 dihargai hingga miliaran rupiah. Untuk Hammer H3 2010 ternyata masih di angka Rp 1,7 miliar. Sedangkan untuk tahun 2012 mencapai harga Rp 1,9 miliar.

Harga istimewa untuk varian istimewa. Tentu saja pengemudinya akan tampil makin istimewa juga. Bagaimana menurut Anda jika salah satu koruptor tersebut yang memakainya?

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami