Menguak Fitur Keselamatan Lamborghini Penyelamat Nyawa 'Wiyang'

Penumpang tetap mampu bertahan meski mobil terbelah menjadi dua! Lalu apa rahasianya?

Senin, 30 November 2015 23:00
Lamborghini Gallardo Wiyang by Youtube
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sebagai sebuah mobil dengan mesin besar dan performa melegenda, sudah sewajarnya Lamborghini Gallardo diberkahi dengan 'sejuta' fitur handal untuk menjaga pengendaranya selalu selamat. Meski ketika mengalami kecelakaan sekali pun, sudah seharusnya mobil ini mampu bertahan dan menyelamatkan penumpang di dalamnya.

Dalam hal ini, fakta-fakta unik soal Lamborghini terbongkar setelah beberapa insiden maut terjadi hingga menyebabkan kerusakan fatal. Luar biasanya, penumpang tetap mampu bertahan meski mobil terbelah menjadi dua! Lalu apa rahasianya?

Salah satu elemen canggih tersebut terletak pada frame dan sassis bodi Lamborghini. Ketika mengalami tabrakan dari depan, moncong depan atau pun belakang memang remuk parah dan tidak lagi berbentuk. Tapi, hal itu befungsi sempurna sebagai peredam hantaman sehingga tidak sampai terlalu fatal menghancurkan ruang kemudi.

Pada ruang kemudi, bentukan frame dan chassis dibuat sangat kokoh dan diciptakan seperti halnya 'sangkar' anti banting. Dengan demikian, meski mobil menerima hantaman berat dari depan maupun belakang, penumpang diharapkan tidak akan mengalami dampak serius.

Frame Lamborghini Gallardo sendiri dikembangkan dengan aluminium cor lalu digabungkan menjadi satu membentuk rangkaian 'tulang-tulang' mobil yang bukan hanya enteng tapi juga kuat. Bagian bodi lalu disempurnakan oleh aluminium berlapis serat carbon dan thermoplastic.

Yang lebih unik lagi, benarkah fitur safety Lamborghini memang sengaja dibuat mudah hancur bahkan terpotong sehingga ruang kemudi tidak akan berimbas terlalu parah?

Setelah kecelakaan serius di Brooklyn dua tahun silam yang menimpa Lamborghini Aventador, CBSlokal.com menuliskan bahwa terpotongnya tubuh Lamborghini di bagian moncong depan dan belakang memang bagian dari fitur keselamatan, sehingga penumpang nyatanya tetap selamat bahkan terlihat tidak mengalami luka serius.

Selain itu, fitur-fitur keselamatan lain turut berperan aktif mencegah tabrakan fatal antara lain Anti-lock Braking System, Stability Control, Front-impact airbags dan seatbelt pretensioners.

Bagian pengereman didukung oleh power vacuum, aluminium alloy calipers yang terdiri dari 6-silinder (caliper depan) dan 4-silinder (caliper belakang). Sedangkan komponen cakram dibekali carbo-ceramic disc.

 

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

 

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami