Menguak Arti Kombinasi Angka pada Nama Supercar, Ternyata...

Pernahkah memperhatikan nama supercar yang dikombinasikan dengan angka? Rupanya kombinasi itu bukan hanya pemanis, ada artinya lho.

Senin, 24 Juni 2019 18:45
Menguak Arti Kombinasi Angka pada Nama Supercar, Ternyata... Lamborghini Huracan (Zing)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Seperti manusia, nama setiap mobil juga punya arti. Begitu pula saat memberi nama, tak serta merta hanya terdengan bagus.

Supercar seperti lamborghini Centenario, Bugatti Chiron, atau Pagani Huayra pun begitu. Selain nama-nama yang mudah disebutkan itu, supercar biasanya memiliki nama yang memakai kombinasi huruf dan angka.

Melansir Zing, kombinasi huruf dan angka itu memiliki arti yang lebih dalam untuk menjelaskan mobil itu sendiri. Penamaan menggunakan kombinasi angka ini biasa terlihat pada supercar Italia, seperti Lamborghini, kecuali seri edisi spesial.

1 dari 3 Halaman

Lamborghini

imageLamborghini

Model seperti Huracan, Aventador, atau Murcielago menggunakan nama-nama banteng terkenal di Spanyol. Setelah nama itu, ada deretan kombinasi huruf dan angka, seperti LP700-4 atau LP580-2.

Kombinasi itu bukan hanya aksesori. LP dalam bahasa Italia berarti Longitudinale Posteriore yang artinya vertical engine.

Lalu angka 700 atau 580 adalah angka yang merujuk pada tenaga mesin, yakni 700 hp atau 580 hp. Angka tersebut bisa angka pasti atau hanya kisaran.

Sedangkan angka terakhir, 2 atau 4 merujuk pada sistem penggerak, 2-wheel atau 4-wheel drive system.

Tapi, orang-orang kaya pelanggan Lamborghini sebenarnya tak peduli dengan arti tersebut. Maka itu, saat ini Lamborghini tak menggunakna karakter paduan angka dan huruf lagi. Seperti untuk Urus, Huracan EVO, atau Aventador SVJ.

2 dari 3 Halaman

Ferrari

imageFerrari

Sementara penantang Lamborghini, Ferrari rupanya juga punya kombinasi angka yang memiilki arti.

Tapi tak seperti Lamborghini, deretan angka milik Ferrari bukan merujuk pada tenaga. Melainkan merujuk pada kapasitas mesin.

Sebagai contoh, Ferrari 458, yang berarti kapasitas mesin 4.5L dan mesin V8. Sebelumnya juga hal ini diterapkan untuk Ferrari 360 dan F430, yang berarti menggunakan mesin 3.6L dan 4.3L.

Sementara untuk Ferrari 488 GTB, angka 488 berarti kapasitas mesin 488cc.

Sedangkan generasi terakhir Tributo F8, punya arti yang berbeda. Mobil ini dibekali mesin paling bertenaga yang pernah dibuat Ferrari, 3.9L twin-turbo. Lalu angka 8 artinya? Itu merujuk pada 8-silinder. Dan Tributo sendiri berarti Terima Kasih.

3 dari 3 Halaman

McLaren

imageMcLaren

Rupanya, penamaan ini menular ke supercar buatan Inggris, McLaren. Hanya saja McLaren lebih sederhana.

Supercar dengan nama 540C, 570S, 650S, dan 720S merujuk pada tenaga. Contohnya, 570S memiliki tenaga 570 PS, yang mana 1 PS atau power unit ini setara dengan 0,98 hp.

Sedangkan huruf S yang mengikuti deretan angka itu berarti 'shaped'. Huruf S pada 570S, berartu Sport Series. Sedangkan S pada 650S dan 720S berarti Super Series.

Tapi supercar McLaren juga memiliki nama seperti 540C, 600LT, atau 675LT. Penamaan seperti tiga terakhir itu adalah pengecualian.

Huruf C bisa berarti Casual yang merujuk pada konsep supercar yang dipakai setiap hari. Sedangkan karakter LT berarti Long Tail, yang merepresentasikan fisik supercar dengan buritan yang panjang.

 

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami