Mengintip Ubahan Toyota Crown yang Jadi Tunggangan Menteri Jokowi-Ma'ruf

Menteri dan pejabat setingkat menteri di era pemerintahan Jokowi-Ma'ruf akan menggunakan mobil baru Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Mobil yang dijual secara khusus itu mendapatkan beberapa penyesuaian, meski tak signifikan.

Kamis, 29 Agustus 2019 15:45
Mengintip Ubahan Toyota Crown yang Jadi Tunggangan Menteri Jokowi-Ma'ruf Toyota Crown 2.5 G-Executive (Toyota Jepang)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive bakal jadi tunggangan para menteri dan pejabat setingkat menteri, periode 2019-2024. Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menjelaskan tak ada ubahan signifikan untuk unit yang akan dipakai orang penting di Indonesia.

"Untuk di Indonesia, sama seperti yang di Jepang. Ada pemasangan aksesori, pemasangan tiang bendera, pelat nomor, dan kaca film. Enggak ada yang khusus sih. Pelat nomornya ada tiga," jelas Anton.

Baik di Indonesia maupun Jepang, sedan ini tak dijual secara khusus dan bukan untuk umum. Calon mobil pejabat ini juga sudah menggunakan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk mengoptimalkan peredaman suara.

1 dari 2 Halaman

Spesifikasi Toyota Crown

Spesifikasi Toyota Crown

Fitur keselamatannya terdiri dari pre-cillision safety system, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, hingga Road Sign Assist.

Sistem mekanisnya menggendong mesin bensin berkapasitas 2.487cc berkapasitas 184 PS yang dipadukan dengan motor listrik berdaya 143 PS. Mobil ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 24 km/liter.

Mengingat mobil ini hanya dijual secara khusus, bagaimana dengan servisnya?

2 dari 2 Halaman

Servis Gratis 5 Tahun

Servis Gratis 5 Tahun

Anton mengatakan, Toyota Crown hybrid ini bisa diservis di Auto2000. "Basicly kan ke Astra International atau Auto2000 yah. Kebetulan Crown yang sekarang servisnya di Auto2000 juga, jadi enggak ada perubahan dengan sebelumnya," kata Anton.

Perlakuan servisnya juga seperti pada umumnya. Salah satu layanan yang diberikan adalah perawatan gratis selama 5 tahun.

"Seperti normalnya datang ke bengkel. Dan ini pun sudah free parts dan free jasa 5 tahun. Sesuai dengan permintaan pemerintah. Oli semua sudah termasuk," tambahnya.

(kpl/nzr/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami