Mengintip Tunggangan Pemimpin Baru Jakarta

Ternyata kedunya tidak punya mobil mewah, mobil mereka adalah...

Senin, 16 Oktober 2017 07:15
Mengintip Tunggangan Pemimpin Baru Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (merdeka.com)

Editor : Sidiq
Reporter : Rikko Ramadhana

Otosia.com - Hari ini DKI Jakarta resmi dipimpin gubernur dan wakil gubernur yang baru. Setelah memenangkan pilkada putaran kedua pada April 2017 lalu, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno hari ini Senin 16 Oktober 2017, resmi dilantik. Keduanya sah jadi orang nomor satu dan dua di Jakarta.

Apabila berbicara pejabat, biasanya identik dengan mobil-mobil mewah. Lantas bagaimana dengan Anies dan Sandiaga yang kini kerap jadi trending topic di media sosial?

Karena penasaran, kemudian Otosia menelusuri tunggangan yang biasa dipakai oleh orang nomor satu dan dua di Jakarta itu. Dilansir dari laman KPU DKI Jakarta, baik Anies Baswedan maupun Sandiaga Uno diketahui tidak mengoleksi mobil mewah.

Anies dan Sandi tercatat memiliki mobil yang bukan tergolong mewah. Mobil mereka merupakan city car dan mobil keluarga yang sepertinya hanya untuk kebutuhan operasional sehari-hari, bukan untuk gaya hidup.

Ya, kita mulai dari Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Jokowi yang kena resuflle ini tercatat memiliki tiga tunggangan yang selalu dipakainya

Mobil Anies yang pertama adalah Toyota Avanza keluaran 2012. Berdasarkan hitungan perkiraan dari KPU DKI Jakarta harga mobil Anies ini senilai Rp112 juta.

Saat dahulu diluncurkan, mobil ini terbagi dalam dua varian, 1.3 E dan 1.3 G perbedaannya hanya pada kapasitas mesin, varian 1.3 E akan mengusung mesin 1.298 cc dan sementara varian 1.5 G mengusung mesin 1.495.

Namun sayangnya dalam data KPU DKI Jakarta itu tidak disebutkan varian Avanza mana yang dimiliki Anies. Mobil ini juga dapat julukan 'mobil sejuta umat' karena peminatnya cukup banyak dan banyak dimiliki orang.

1 dari 1 Halaman

Mobil Kedua Anies Baswedan

Mobil Kedua Anies Baswedan

Kemudian mobil Anies yang kedua adalah Toyota Kijang Innova 2008. Karena terbilang mobil cukup lawas, berdasarkan hitungan perkiraan dari KPU DKI Jakarta, tunggangan Anies yang ini harganya sekitar Rp108 juta.

Kijang ini merupakan salah satu mobil legendaris sudah ada sejak 1970-an, kemudian pada 2004 Toyota menyematkan nama Innova pada mobil Kijang ini dan terbukti laris. Kijang Innova ini ada yang dibekali dengan mesin 2,0 liter atau 2.000cc untuk tipe bensin dan 2.500cc untuk tipe diesel.

Tetapi ada juga Kijang Innova kelas premium yang dibekali dengan mesin 2,7 liter atau 2.700cc hampir sekelas dengan saudaranya yang sama-sama keluaran Toyota, yakni Fortuner.

Mobil Anies yang ketiga adalah Mazda2 keluaran 2016. Mobil ini terbilang baru, berdasarkan hitungan perkiraan dari KPU DKI Jakarta mobil ini senilai Rp135 Juta.

Mazda2 ini merupakan mobil hatchback paling populer di Indonesia. Untuk urusan dapur pacu, mobil ini dibekali mesin bertipe SKYACTIV-G yang diklaim memiliki efesiensi bahan bakar sangat baik. All New Mazda 2 ini telah didukung mesin berteknologi injeksi dengan kampresi rasio berukuran 13:0:1.

Sementara wakilnya, Sandiaga Uno tercatat memiliki dua buah mobil saja. Pengusaha yang juga pemilik salah satu agen pemegang merek Nissan di Indonesia ini memiliki dua mobil yakni Nissan Grand Livina tahun pembuatan 2013 dan Nissan X-Trail tahun pembuatan 2015.

Berdasarkan hitungan perkiraan dari KPU DKI Jakarta dua tunggangan Anies ini senilai Rp375 juta. Nissan Grand Livina dihargai Rp125 juta dan Nissan X-Trail dihargai Rp250 juta.

Untuk urusan dapur pacu, Nissan Grand Livina ini dijejali dengan mesin 1.5 liter atau 1.500cc konfigurasi 4 silinder 16 valve. Mesinnya sudah menggunakan teknologi DOHC dengan Twin Dual Injector dan VTC.

Dengan begitu bisa menghasilkan power maksimal sebesar 109 PS sehingga akan menghasilkan tenaga Nissan Grand Livina yang maksimal serta menghasilkan akselerasi yang penuh percaya diri.

Kemudian untuk X-Trail keluaran 2015 ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya. Mobil ini ada dua tipe yakni yang dibekali mesin 2.000cc dan 2500cc. Mobil ini juga dilengkapi dengan Roof Rail yang mampu menahan beban seberat 30 kilogram.

Mobil ini juga tampilannya sangat sporty karena dilengkapi dengan over fender disetiap sisi yang memperkuat tampilan sebuah SUV sejati. Pelek X-Trail ini terbagi dalam dua desain berbeda untuk masing-masing tipe. Untuk Tipe 2000cc dilengkapi dengan pelek Ring 17Ã, sedangakn untuk 2500cc dilengkapi dengan ring 18Ã.

Sebetulnya Sandiaga Uno masih memiliki dua mobil lainnya yakni Nissan Elgrand dan Jeep namun, keduanya tak tercantum karena Elgrand miliknya merupakan kendaraan operasional kantor sementara Jeep dipakai oleh istrinya.

(kpl/mat)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami