Mengintip Spesifikasi Viar Vortex yang Dipakai Menjelajah Jakarta-Himalaya

Menemani Gunadi, Viar Vortex 250 akan diajak menjelajah Jakarta hingga Himalaya. Seperti apa spesifikasi motor buatan dalam negeri ini?

Kamis, 30 Agustus 2018 19:15
Foto by Nazarudin Ray
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Selain dirt bike, motor begenre adventure terus bermunculan sejalan dengan banyaknya minat biker Indonesia yang mencoba melakukan penjelajahan atau touring di berbagai tempat dengan medan jalan bervariasi. Selain pabrikan Jepang, merek dalam negeri Viar juga tau mau ketinggalan dengan menjagokan Viar Vortex 250 sebagai motor touring.

Motor yang menjadi lawan Kawasaki Versys 250 ini pun menjadi kuda besi andalan Gunadi untuk menjelajah dari Jakarta ke Himalaya sejauh 15.000 kilometer selama 70 hari.

Viar Vortex dibuat di pabrik Viar Motor Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, dan akan menjelajah di jalanan Thailand - Myanmar – Nepal dan India. Dari kota New Delhi perjalan menuju Himalaya melalui rute Candigarh - Srinagar - Leh - Khardungla Pass - Pangong Lake - Manali - Dangerous Road dan kembali ke New Delhi.

Foto by Nazarudin Ray

Tidak tanggung-tanggung, Viar Vortex 250 tampil all out lengkap dengan 2 box samping dan 1 top box yang semakin menekankan bahwa motor ini didesain untuk perjalanan jauh. Selain itu ada crash bar pada bagian samping motor yang berfungsi untuk melindungi sepeda motor ketika terjatuh.

Salah satu fitur yang sangat penting bagi bikers penjelajah yakni adanya socket USB dan GPS sebagai media pengisi daya smartphone atau alat GPS yang terdapat pada panel speedometer Viar Vortex.

Kemudian untuk sektor penerangan, Viar Vortex 250 telah menganut model LED lengkap dengan projector pada lampu depan, lampu belakang, dan juga lampu sein.

"Viar Vortex 250 telah dilengkapi dengan crash bar, socket pengisian daya smartphone, socket pengisian daya GPS, lampu LED projector, side box di sisi kiri dan kanan, dan juga top box sehingga menjadikan Viar Vortex sebagai salah satu sepeda motor bergenre touring yang mempunyai fitur terlengkap," terang Marketing Communication Division PT Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond.

Untuk kaki-kaki, Viar Vortex 250 telah dibekali ban depan berukuran 100/80 ring 18 dan 130/70 ring 17 untuk ban belakang. Peredam kejut Viar Vortex 250 menggunakan suspensi model Upside Down dan juga Monoshock.

Pada piranti rem, Viar Vortex 250 menggunakan sistem cakram baik pada rem depan maupun belakang, sehingga pengereman lebih maksimal.

Viar Vortex 250 mengusung mesin satu silinder berkubikasi 249,6cc 4 valve SOHC berpendingin cairan. Soal tenaga, Viar Vortex 250 sanggup memuntahkan daya sebesar 18,5 Kw pada 9.000 rpm dengan torsi sebesar 22,5 Nm pada 7.000 rpm.

Viar Vortex dipasarkan dengan harga Rp 51,5 juta on the road Jakarta.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami