Mengintip Perjalanan Pajero Sport dari Generasi ke Generasi

Wewarisi DNA Pajero yang melegenda di ajang reli Dakar, Mitsubishi Pajero telah mencapai generasi ketiga dan populer di Indonesia.

Sabtu, 01 Agustus 2020 12:15
Mengintip Perjalanan Pajero Sport dari Generasi ke Generasi Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Salah satu SUV Mitsubishi yang meleganda adalah Pajero. Sebenarnya SUV ini punya dua tipe, yakni Pajero dan Pajero Sport. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa dua model ini merupakan produk yang berbeda baik secara spesifikasi, segmentasi dan sejarahnya.

Walau demikian, Pajero Sport mewarisi DNA Pajero. Mitsubishi Pajero dikembangkan untuk menghadirkan nilai premium "all-around SUV dengan standar global" yang menggabungkan tampilan tangguh, kemampuan SUV di segala medan, teknologi canggih, fitur hiburan dan balutan gaya mewah perkotaan.

Hampir seluruh varian Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di fasilitas perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) setelah sebelumnya diimpor dari Thailand.

"Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga saat ini, penerimaan masyarakat terhadap Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit dengan rata-rata pangsa pasar lebih dari 40%," kata Naoya Nakamura, Presiden Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Untuk mengetahui letak perbedaan setiap generasi Pajero Sport, bisa tergambar dari sejarahnya. Berikut perkembangan Pajero Sport dari masa ke masa:

1 dari 3 Halaman

Pajero Sport generasi pertama (1996)

Pada tahun 1996 Mitsubishi memerkenalkan Pajero Sport. Generasi pertama ini dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger. Saat itu, generasi awal memiliki desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja.

Penerimaan yang semakin positif membuat mobil tersebut diekspor ke beberapa negara setahun kemudian. Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda disetiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand).

Selanjutnya mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006.

2 dari 3 Halaman

Generasi kedua (2008)

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua memiliki konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV) yang tetap tangguh di segala medan, namun tetap nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan. Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini juga yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009.

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama dipersenjatai mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. 

Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Mistusbishi kemudian melakukan penyegaran pada tahun 2013, baik eksterior maupun interior. Penyegaran ini membuat Pajero Sport semakin sporty, dinamis, dan agresif.

Memasuki tahun 2014, Mitsubishi Motors kembali menambah varian Mitsubishi PAJERO Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L, yang menyemburkan tenaga 220 PS.

3 dari 3 Halaman

Generasi ketiga (2015)

Setahun kemudian, MMC memperkenalkan generasi ketiga Pajero Sport untuk pertama kalinya di Thailand. Namun baru pada tahun 2016, atau tepatnya setahun setelah diluncurkan di Thailand, Indonesia menerima Pajero Sport generasi ketiga tersebut.

Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan. Di balik kapnya, dibenamkan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dan mudah dikendarai di berbagai medan. Pada tahun 2019 lalu MMC memperkenalkan penyegaran untuk Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga di Thailand.

Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga hari ini, populasi Pajero Sport di Indonesia telah mencapai 160.000 unit.

 

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami