Mengintip Mobil Sehari-hari Para Pembalap F1, Tak Semua Mahal

Tak semua pembalap F1 tertarik memakai mobil mahal untuk sehari-hari. Beberapa di antaranya memilih mobil biasa untuk menunjang aktivitasnya.

Selasa, 27 Agustus 2019 18:45
Mengintip Mobil Sehari-hari Para Pembalap F1, Tak Semua Mahal Renault Megane milik Jolyon Palmer (Zing)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Meski memiliki skill mengendarai mobil mumpuni, para pembalap Formula 1 (F1) belum tentu selalu memakai mobil sport untuk sehari-hari. Meskipun sudah jelas mereka memiliki mobil sport.

Seperti Lewis Hamilton yang memiliki mobil seharga jutaan dolar Amerika. Melansir Zing, tapi beberapa di antara mereka disebut justru memiliki mobil biasa dengan harga murah.

Penasaran mobil yang dipakai sehari-hari oleh para pembalap F1? Berikut daftarnya:

1 dari 9 Halaman

Lewis Hamilton

imageLewis Hamilton

Pembalap asal Inggris ini memiliki dua mobil yang kerap terlihat menemani aktivitasnya. Pertama, mobil klasik Cobra 427. Mobil itu memiliki usia yang lebih tua ketimbang umur Hamilton, yang baru mau 30 tahun.

Cobra 427 milik Hamilton masih asli, dengan mesin supercharged dari Ford V8 Side Oiler 7.0L. Mobil ini bisa mencapai tenaga puncak 500 hp dan torsi 627 Nm. Kabarnya, Hamilton menyimpan Cobra 427 di rumahnya di Los Angeles, USA.

Mobil milik Lewis Hamilton (Zing)

Mobil keduanya adalah Pagani Zonda 760 LH. Mobil spesial ini memang dibuat pabrikan untuk didedikasikan kepada Lewis Hamilton. Pembalap ini memang kerap membagikan foto koleksi mobilnya. Nah salah satunya Pagani Zonda 760 LH ini.

Bahkan Hamilton punya julukan untuk mobil kesayangannya itu, yakni batmobile. Mobil ini punya akselerasi yang mengagumkan. Hanya butuh waktu 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj.

2 dari 9 Halaman

Sebastian Vettel

imageSebastian Vettel

Seperti kebanyakan pembalap F1, Vettel juga memiliki supercar dari Ferrari. Yap, California T yang dirilis Ferrari pada 2014 lalu sebelum dihentikan produksinya pada 2017.

Ferrari California T dibekali mesin turbo ganda V8 yang menghasilkan tenaga 552 hp dan torsi 755 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan gerabox dual-clutch 7-percepatan. California T mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 3,7 detik.

3 dari 9 Halaman

Nico Rosberg

imageNico Rosberg

Tepat setelah memenangkan kejuaraan pada tahun 2016, Nico Rosberg menjatuhkan berita mengejutkan untuk para penggemar F1. Dia memutuskan tak lagi balapan dan terlihat kerap menghabiskan waktu bersama Mercedes-Benz miliknya.

Rosberg diketahui memiliki banyak model mobil pabrikan Jerman itu. Seperti Mercedes G 63 AMG, Mercedes GLE, dan Mercedes 280 SL tahun 1970. Meskipun punya banyak mobil Mercy, mantan pembalap Mercedes AMG team ini justru memfavoritkan Ferrari 250 GT California Spider SWB.

4 dari 9 Halaman

Charles Leclerc

imageCharles Leclerc

Tidak mengherankan, jika pembalap Scuderia Ferrari memakai Ferrari sebagai mobil hariannya. Mobil Ferrari yang dia pakai adalah hadiah dari tim. Ferrari 488 Pista Spider milik pembalap 22 thaun itu dibekali mesin V8 2.9L turbo ganda.

Mesin itu menghasilkan tenaga 720 hp dan torsi 770 N. Ini adalah mesin V8 Ferrari paling bertenaga, dan memenangkan Engine of The Year tiga kali berturut-turut, yakni 2016, 2017, dan 2018.

5 dari 9 Halaman

Daniel Ricciardo

imageDaniel Ricciardo

Daniel Ricciardo menjadi salah satu pembalap F1 paling terkenal. Ricciardo memakai Aston Martin yang merupakan pemberian toko Aston Martin di Amerika Serikat, ketika dia balapan di sana. Sayangnya tak banyak informasi mengenai hal ini.

6 dari 9 Halaman

Jenson Button

imageJenson Button

Selain menjadi selebriti di balapan F1, Button juga terkenal karena memiliki hypercar McLaren 675 Spider di garasinya. Hypercar ini menggendong mesin V8 turbo ganda berkapasitas 3.8L. Mesin itu menghasilkan tenaga maksimum 666 hp dan torsi 700 Nm.

7 dari 9 Halaman

Lando Norris

imageLando Norris

Lando Norris disebut beruntung mendapatkan hadiah McLaren 570S Spider dari timnya setelah melakukan uji coba. Mobil Norris berwarna oranye, dan kerap menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Mirip dengan McLaren 675LT Spider, 570S Spider juga memiliki mesin V8 turbo ganda berkapasitas 3.8L. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 562 hp dan torsi 600 Nm.

8 dari 9 Halaman

Jolyon Palmer

imageJolyon Palmer

Putra dari Jonathan Palmer, seorang lelaki kaya yang memiliki banyak trek besar di Inggris, sudah pasti dengan mudahnya bisa membeli mobil mahal. Tapi Jolyon Palmer malah memilih mobil populer dan bukan mobil seperti para pembalap F1 lainnya.

Adalah Renault Megane yang menjadi pilihannya. Hatchback itu dibekali mesi 2.0L yang menghasilkan tenaga 140 hp dan torsi 195 Nm. Renault Megane mampu berkaselerasi 0-100 kpj dalam waktu 10,3 detik dan mencapai kecepatan maksimum 195 kpj.

9 dari 9 Halaman

Max Verstappen

imageMax Verstappen

Pembalap F1 lain yang tak terlalu tertarik dengan mobil mahal untuk mobil harian adalah Max verstappen. Dia memakai Renault Clio yang dibelinya sejak umur 18 tahun. Verstappen juga memakai Clio miliknya untuk prktik agar lulus ujian SIM. Selain Clio, pembalap kelahiran 1997 itu juga memiliki Porsche 911 GT3 RS seharga USD 400.000.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami