Mengenang Suzuki Jimny Generasi Pertama, Pendobrak Tren Mobil 4WD

Generasi pertama Jimny sendiri hadir pada tahun 1970. Kehadiran Jimnny generasi pertama ini menjadi pendobrak tren, di mana pada saat itu mobil 4WD lebih dikenal berukuran besar dan berat.

Kamis, 21 Juni 2018 13:15
Foto: Suzuki Jimny LJ10/ Theoverdrive.in
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Suzuki tak lama lagi akan menghadirkan generasi terbaru Jimny pada bulan Juli mendatang di Jepang. Sayangnya, informasi lengkap tentang spesifikasi mobil 4WD (wheel-drive) andalan Suzuki tersebut masih simpang siur. Namun, menurut situs resmi Suzuki Global, Jimny terbaru akan membawa DNA Jimny terdahulu sebagai kendaraan off-road berbadan kecil dan ringan, serta berteknologi 4WD Suzuki.

Generasi pertama Jimny sendiri hadir pada tahun 1970. Kehadiran Jimnny generasi pertama ini menjadi pendobrak tren, di mana pada saat itu mobil 4WD lebih dikenal berukuran besar dan berat. Menariknya, sebelum kemunculannya, sebenarnya Suzuki ingin menyebut mobil 4WD ini dengan sebutan Jimmy. Namun, seperti dilansir dari iangrave.co.uk, Kamis (21/06/2018), terjadi kesalahan penerjemahan ketika eksekutif Jepang melakukan perjalanan ke Skotlandia, sehingga namanya berubah menjadi Jimny.

Jimny generasi pertama yaitu model LJ10 pun menjadi mobil 4WD pertama yang bertarung di segmen kei-car di Jepang. Mobil bertubuh mungil ini mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat Jepang. Soalnya, LJ10 memiliki performa yang sangat baik dalam menjajal medan offroad, meskipun mengusung mesin kecil yaitu 359cc. Kemampuan tersebut dapat tercapai akibat bobot LJ10 yang hanya mencapai 600 kg.

Yang membuat LJ10 semakin menarik adalah kelapangan interiornya. Suzuki mampu meracik formula yang apik agar kabin terasa lega. Meski begitu, akibat adanya batasan dimensi yang mengatur kategori kei-car, Suzuki terpaksa memasukkan ban cadangan ke dalam kabin dan membuat LJ10 menjadi mobil berkapasitas 3 penumpang.

Keunikan lainnya dari LJ10 adalah atap dan pintunya yang terbuat dari kanvas dan resleting sebagai kuncinya. Membuatnya menjadi model yang cukup ikonik pada masa itu.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/fid/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami