Mengenang Prius, Mobil Hybrid Pertama Keluaran Toyota

Sejak pertamakali dikenalkan, mobil tersebut memenangkan berbagai penghargaan.

Senin, 18 Desember 2017 08:00
Toyota Prius (xaina.sweet)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Sejak pertengahan 1990-an, beberapa pabrikan mobil Jepang dan Eropa gencar mengembangkan mobil hybrid. Mobil yang menggabungkan tenaga bahan bakar minyak (BBM) dan listrik tersebut, dikembangkan agar kendaraan lebih ramah lingkungan.

Dikutip dari laman  carscoops.com, pada 1995 Toyota mengeluarkan debut mobil konsep hybrid di Tokyo Motor Show. Namanya Toyota Prius. Mobil tersebut satu tahun sebelumnya sudah diuji lebih dulu.

Toyota Prius pertama dikeluarkan tipe NHW10. Saat itu diluncurkan pada 1997. Generasi pertama mobil itu jadi kendaraan ramah lingkungan paling awal diluncurkan.

Sejak pertamakali dikenalkan, mobil tersebut memenangkan berbagai penghargaan diantaranya Car of The Years Japan Award. Kemudian pada 1998 memenangkan penghargaan Automotive Researches and Jounalist Conference Car of the Year Award.

California Air Resources Board menempatkan Toyota Prius sebagai mobil paling ramah lingkungan dijual di Amerika Serikat. Hal itu dihitung berdasarkan asap pembuangan mobil tersebut.

Saat diluncurkan pada 1997, sudah dijual semua dealer Toyota di Jepang. Mobil itu jadi kendaraan hybrid pertama diproduksi massal.

Mobil tersebut diperkenalkan pada 2000 lalu. Saat ini Prius dijual lebih dari di 70 negara, pasar terbesar mobil tersebut Jepang dan Amerika Serikat.

Pada 2011 Toyota memperbanyak model prius. Salah satunya membuat tipe V. Tipe tersebut merupakan mobil tipe hatchback wagon.

Mobil berbasis sedan tersebut atap belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi bagian belakang, tetapi sedikit lebih pendek dari pintu bagasi.

Tipe lainnya adalah, Toyota Prius tipe C . Mobil tersebut didesain dengan sub-compact hatchback. Jadi mobil yang berbasis sedan tersebut bagian belakangnya lebih pendek dari bagasi serta menyatu dengan kaca.

Toyota Prius dengan jenis tersebut mulai diperkenalkan pada 2012. Baru saja dua tahun mobil tersebut dipasarkan penjualannya sudah mencapai 5 juta unit mobil. Jumlah tersebut merupakan 70 persen dari 7 juta mobil hibrida yang mulai diproduksi dari sejak 1997.

Dari tiga tipe Toyota Prius yang ada memiliki tiga karakter konsumsi bahan bakar berbeda. Prius tipe C merupakan mobil dengan bahan bakar cukup efisien.

Prius liftback yang atapnya lebih pendek dan kaca bagasi lebih landai atau miring merupakan mobil hemat bahan bakar. Kemudian Prius tipe V merupakan mobil paling hemat bahan bakar.

Prius generasi berikutanya saat ini sedang dirancang untuk memberikan secara signifikan meningkatkan ke pembakaran lebih hemat, kemudian lebih ringan dan harganya murah.

Rencana tersebut sedang terus dilaksanakan dan pengembangannya mengarah kepada mobil berbahan bakar listrik dan teknologi pengolahan bahan bakar minyak lebih modern.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/mat)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami