Mengenang BMW R80GS, Pelopor Motor Adventure-Touring

Di pasar motor Indonesia, telah banyak beredar motor dengan genre adventure touring, salah satunya ialah varian termurah BMW Motorrad saat ini, BMW R310 GS.

Sabtu, 30 Juni 2018 15:45
Foto: motorcyclespecs.co.z
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Di pasar motor Indonesia, telah banyak beredar motor dengan genre adventure touring, salah satunya ialah varian termurah BMW Motorrad saat ini, BMW R310 GS. Pabrikan Jepang juga memiliki produk serupa, seperti Kawasaki Verys-X dan Honda Africa Twin.

BMW R80 GS


Namun, jauh sebelum kemunculan motor-motor tersebut, BMW Motorrad lebih dulu menjelajah dengan BMW R80 GS. Ya, motor ini meluncur pada 1980 silam di ajang IFMA sebelum akhirnya disuntik mato pada 1987.

BMW R80 GS


Lantas, apa yang membuat BMW R80 GS terbilang istimewa? Motor keluaran pabrikan asal Jerman tersebut adalah produk pertama yang mengusung genre adventure-touring. Selain itu, mesinnya berkonfigurasi boxer (flat-twin) berpendingin udara, serta sudah menggunakan shaft.

BMW R80 GS


Menariknya lagi, 70 persen komponen besinya tidak terbuat dari plastik, melainkan logam. Dengan demikian, durability atau ketahanannya melintasi trek off-road menjadi bertambah. Namun, bobotnya juga meningkat, mencapai 186 kg.

BMW R nineT Urban GS


Kini, BMW R80 GS terlahir kembali dalam kapasitas mesin yang jauh lebih besar, yaitu BMW R nineT Urban GS. Meski demikian, ciri khas BMW R80 GS itu masih ada, seperti cover lampu depan, stang fatbar, dan velg jari-jari.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami