Mengenang Ani Yudhoyono, 3 Kendaraan Ini Jadi Saksi Perjalanan Bersama SBY

Di balik nama besar Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono, perjalanan hidup keduanya juga tak bisa disebut instant. Tiga kendaraan berikut menjadi saksi perjalanan kehidupen mereka.

Rabu, 12 Juni 2019 22:15
Mengenang Ani Yudhoyono, 3 Kendaraan Ini Jadi Saksi Perjalanan Bersama SBY Ani Yudhoyono semasa hidup, bersama dengan SBY (Instagram/aniyudhoyono)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Nama Kristiani Herrawati atau lebih dikenal dengan Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 66 tahun di Singapura. Istri mantan Presiden Ri ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sebelumnya dirawat di National University Hospital (Nuh) Singapura, selama tiga bulan.

Semasa hidupnya, perempuan yang akrab dipanggil Memo itu dikenal sebagai pribadi yang penyayang. Ibunda Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono itu hobi fotografi dan aktif bermedia sosial.

Tak banyak yang tahu, jauh sebelum keluarga SBY sukses dan memiliki nama besar seperti sekarang, Ani bersama keluarganya menjalani hidup dengan cara tak instan. Seperti keluarga lain pada umumnya.

Baik SBY maupun Ani, pernah mengalami masa-masa sulit membina rumah tangga. Sebuah motor tua jadi saksi perjuangan perjalanan keluarga tersebut.

Motor tersebut terungkap dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara negara (LHKPN) pada tahun 2014. Dikutip dari MoneySmart, berukut tiga kendaraan bersejarah yang menjadi bagian perjalanan mantan Ibu Negara RI:

 

1 dari 3 Halaman

Motor Suzuki Tornado

imageMotor Suzuki Tornado

Motor bebek Suzuki Tornado lansiran 1997 itu diperoleh dari pemberian orang (hibah). Suzuki Tornado milik SBY itu dibanderol seharga Rp 2,5 juta. Motor lawas itu punya mesin yang cukup bisa diandalkan.

Suzuki Tornado sendiri memiliki dua model, yaitu GX dan GS. Tornado GX dibekali mesin 100cc yang bertenaga 9,5 hp. Sedangkan Tornado GS dibekali mesin 109cc dan bertenaga 12,5 hp.

2 dari 3 Halaman

Toyota Alphard

imageToyota Alphard

Dalam sejumlah kunjungan, Ani juga diketahui kerap menumpangi MPV mewah Toyota Alphard.

Toyota Alphard menjadi salah satu mobil MPV mewah dengan angka penjualan cukup tinggi sejak pertama kali muncul di tahun 2002. Ukurannya yang besar dengan interior mewah menjadikan mobil ini sebagai mobil standar bagi kalangan menengah atas di Indonesia.

Untuk menegaskan kelasnya sebagai salah satu mobil MPV mewah di Indonesia, Alphard selalu hadir dengan berbagai macam kemewahan di bagian luar dan dalam mobil.

Di bagian interior, setiap detail dari mobil ini sudah menggunakan material kulit yang mewah dan nyaman. Untuk bagian hiburan juga sudah tersedia lengkap dengan berbagai fitur canggih, seperti heated seat dan monitor di dalam ruangan kabin.

Kursi mobil ini sangat canggih dan juga nyaman untuk digunakan. Dengan pengaturan kursi elektrik akan membuat penumpang semakin mudah menentukan tingkat kenyamanan ketika berkendara.

Sebagai sebuah mobil mewah, Toyota Alphard tentunya sudah menyediakan berbagai macam fitur keselamatan yang sangat cukup bagi penumpangnya. Mobil ini sudah dibekali dengan 7 buah safety airbag untuk seluruh penumpang di dalamnya.

Sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, Kamera Parkir, 3 Point Seatbelt, dan berbagai fitur lainnya sudah ada di mobil ini.

Namun, tidak diketahui Toyota Alphard tahun berapa yang kerap digunakan Ani dan keluarga.

3 dari 3 Halaman

Mercedes-Benz S-Class

image Mercedes-Benz S-Class

Kala masih menjabat sebagai presiden ke-6 RI, SBY dan almarhumah Ani Yudhoyono selalu memakai mobil dinas kepresidenan Mercedes Benz S600 untuk mengantar RI 1 bertugas selama bertahun-tahun.

Mercedes-Benz S-Class dirancang oleh pabrikan Jerman untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S600 Pullman Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi.

Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis.

Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami