Mengenal Yanti, Sopir Angkot Perempuan yang Bawa Bayi saat Narik

Kisah Yanti, sopir angkot perempuan di Bandung pernah ramai diperbincangkan netizen. Perempuan 40 tahun itu narik angkot sekaligus merawat bayinya.

Selasa, 10 September 2019 10:15
Mengenal Yanti, Sopir Angkot Perempuan yang Bawa Bayi saat Narik Sopir angkot perempuan (Instagram/yuni_rusmini)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, viral video seorang perempuan yang menjadi sopir angkot di Bandung. Saat berbincang dengan seorang polwan, rupanya sopir perempuan itu juga membawa bayinya saat sedang narik.

Sopir angkot perempuan itu namanya Nuryanti HR (40). Yanti, sapaan akrabnya, menjadi sopir angkot sejak tahun 2006. 

Sebelumnya, ibu tiga anak itu bekerja di pabrik. Namun, dia lantas memutuskan menjadi sopir angkot.

Awalnya dia ikut berkeliling naik angkot yang disetiri oleh temannya. Lalu Yanti memprhatikan bagaimana cara mengemudikan mobil dari temannya. Hingga akhirnya, timbul keinginan untuk menjadi sopir angkot juga.

1 dari 4 Halaman

Tak Punya SIM

Tak Punya SIM

Hanya butuh waktu sepekan, Yanti mampu mengemudikan mobil. Saat awal menjadi sopir angkot, Yanti mengaku tak memiliki SIM.

Namun Yanti tetap menjadi sopir angkot. Bahkan, saat mengandung, dia tetap bekerja. Yanti menjadi sopir angkot sampai kehamilannya berusia 9 bulan.

"Akhirnya berhenti sementara karena sudah menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan. Alhamdulillah proses persalinan berjalan normal," kata Yanti.

Cukup aneh soal perjuangan Yanti. Saat hamil pun dia tetap narik angkot. Ke mana suami Yanti? Dia tak ingin membahasnya. Fokus Yanti saat ini hanya membesarkan bayinya.

2 dari 4 Halaman

Cara Atur Keuangan

Cara Atur Keuangan

Bukan perkara mudah menjadi sopir angkot. Yanti harus pintar-pintar mengatur keuangannya. Menyisihkan uang untuk keperluannya dan bayinya, serta untuk setoran ke pemilik angkot.

Setiap hari, Yanti harus menyetor uang Rp 100 ribu kepada pemilik angkot. Setiap bulannya, Yanti juga harus membayar sewa rumah kontrakan sebesar Rp 300 ribu. Lalu membayar sewa lahan parkir angkot, Rp 5.000/hari. Dan juga, menyisihkan uang bensin angkot, Rp 100 ribu per hari.

Setiap hari dia harus bangun sekitar pukul 03.00 WIB, untuk mengurusi keperluan dia dan anaknya. Mulai mencuci pakaian, masak, dan memandikan bayinya. Baru pada pukul 06.00 WIB, Yanti bersama bayinya pergi bekerja. Yanti bekerja sampai pukul 16.00 WIB.

3 dari 4 Halaman

Sigap Urus Bayi Sambil Nyetir

Sigap Urus Bayi Sambil Nyetir

Terlihat berbahaya ketika mengendarai mobil dengan membawa bayi. Meskipun bayi tersebut tidka digendong, dan ditidurkan di bangku penumpang depan menggunakan kereta bayi yang diberi oleh keluarga Polri.

Tangan dan fokus Yanti ada pada jalan dan bayinya. Apalagi kala harus mengerem mendadak. Dia harus menahan bayinya agar tak terlempar ke depan. 

Di dalam angkotnya juga tersedia perlengkapan si bayi. Mulai dari botol air mineral, bubuk susu, dan botol susu bayi ditempatkan tepat di atas dasbor.

Apa yang dilakukan Yanti terlihat sangat repot. Namun, dia mengaku menikmati apa yang dia lakukan saat ini. Bekerja sebagai sopir angkot sekaligus mengurus bayinya.

Sumber: Planet Merdeka

4 dari 4 Halaman

Sebelumnya

Sebelumnya

Setelah beberapa waktu lalu ramai driver ojol perempuan yang membawa bayi saat mengantar penumpang, kini hal serupa terjadi lagi. Kali ini adalah sopir angkot perempuan yang juga membawa bayi saat narik.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @yuni_rusmini, terlihat ibu-ibu berambut pendek itu tengah ditanya oleh seorang polwan. Si bayi diletakkan di kursi penumpang depan.

"Ada di Indonesia kita... Sopir angkot wanita sambil bawa bayinya. Perjuangan Seorang ibu demi sang buah hati," tulis akun tersebut pada kolom caption.

Perbincangan antara polisi dan ibu tersebut tak terdengar jelas. Tapi si polwan sempat bertanya apakah si ibu masih menyusui atau tidak.

Video ini cukup menarik perhatian netizen. Beberapa diantaranya merasa perjuangan si ibu sopir mengharukan. Beberapa lainnya bertanya tentang di mana si bapak.

"Ibu yg hebat.." tulis @merlinasihaloho75.

"Bapak mana bapak?" tanya akun @firdapita.

"BpkNya kemana? Ibu hrs krja, kasian bayinya, kena polusi. Pdhl msh kcl riskan kena penyakit d jalanan bu.. Ya mg selalu sht.." komentar @herlirita.

 

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami