Mengenal Teknologi TVC pada Ford Focus Baru

Salah satu yang diusung All-New Ford Focus adalah TVC atau Torque Vectoring Control. Pada dasarnya, teknologi TVC menggunakan sistem pengereman meniru efek dari limited-slip differential.

Selasa, 14 Agustus 2012 18:45
All-New Ford Focus
Editor : Anton

Otosia.com - Ford Motor Indonesia kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu sempat memperlihatkan sejumlah teknologi menarik dari produk baru mereka, Focus. Salah satu yang diusung adalah TVC atau Torque Vectoring Control.

Pada dasarnya, teknologi TVC menggunakan sistem pengereman meniru efek dari limited-slip differential, yang terus menyeimbangkan distribusi tenaga mesin roda depan sebagai penggerak. Penyeimbangan tersebut menyesuaikan dengan kondisi mengemudi dan permukaan jalan.

Ketika sudut sempit, maka sistem mengatur gerak roda dan torsi mesin. Jika dibayangkan, ini ibarat seseorang yang bermain ski. Ia tetap meluncur, tetapi juga tetap terarah walau permukaan yang ia pijak cukup licin. Dengan demikian, mobil tidak selip saat bermanuver.

Di satu sisi, sistem tersebut dirancang bagi mereka yang kurang berpengalaman. Oleh karenanya, sistem ini memberikan rasa percaya diri saat pengemudi tersebut mengendarainya.

Selain TVC, All-New Ford Focus juga dilengkapi perangkat 'parkir otomatis' yang diberi nama Active Park Assist. Teknologi ini serupa dengan yang dipakai di Lexus, BMW dan Mercedes-Benz.

Teknologi ini pada intinya membantu pengemudi parkir paralel dengan sentuhan tombol. Kemudian pengemudi tinggal lepas tangan dan hanya mengatur gas dan rem.

Teknologi ini terintegrasi dengan sensor ultrasonik berbasis sistem penginderaan. Info yang didapat dari setiap sensor langsung dipadukan dengan program komputer dalam mobil. Sehingga mobil akan membelok kanan-kiri sesuai kebutuhannya dengan bantuan electric power-assisted steering atau motor elektrik pada setir.

Bagi wanita fitur ini akan menjadi idaman sebab mudah digunakan. Pasalnya, rata-rata pengemudi wanita dalam parkir mobil paralel bisa menjadi kendala.

(kpl/why/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami