Mengenal Mobil Bersejarah Era Soeharto dan BJ Habibie, Mejeng di Istana Negara

Mobil-mobil klasik era Kepresidenan Soeharto dan BJ Habibie mejeng di Istana Negara saat upacara HUT RI ke-74. Dua mobil Cadillac Fleetwood Brougham itu pernah memiliki fungsi penting pada masanya.

Minggu, 18 Agustus 2019 16:30
Mengenal Mobil Bersejarah Era Soeharto dan BJ Habibie, Mejeng di Istana Negara Cadillac Fleetwood Brougham (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - HUT RI ke-74 di Istana Negara Jakarta kali ini terlihat berbeda. Hal itu lantaran kehadiran beberapa kendaraan bersejarah. Dua di antaranya adalah sedan langka yang pernah dipakai pada era kepemimpinan Presiden Soeharto dan BJ Habibie.

Kedua sedan tersebut adalah mobil sedan mewah nan besar asal Amerika Serikat, Cadillac Fleetwood Brougham. Dua unit langka bertransmisi matic ini dipajang di tepi Istana Negara dan cukup menyedot perhatian.

1 dari 2 Halaman

Antar-Jemput Tamu Negara

Antar-Jemput Tamu Negara

Mobil yang diproduksi tahun 1987 itu tak hanya menarik karena wujudnya, tapi karena fungsinya sebagai mobil khsus acara kenegaraan. Cadillac Fleetwood Brougham ini biasa dipakai untuk menjemput tamu negara, seperti duta besar dari negara sahabat, dari kediamannya.

Mobil ini lalu mengantarkan para tamu negara ke Istana Kepresidenan Jakarta, untuk penyerahan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Republik Indonesia, atau yang disebut credential.

2 dari 2 Halaman

Tampilan Khas nan Klasik

Tampilan Khas nan Klasik

Bentuk luar Cadillac Fleetwod Brougham memiliki ciri khas seperti mobil-mobil keluaran Amerika yang bersudut lancip di setiap lekukan bodinya. Sedangkan interior Cadillac Brougham memancarkan aura klasik dengan model jok panjang dan jahitannya yang bermotif lurus.

Mobil berkapasitas mesin 4.100 cc ini mulai digunakan pada zaman Pemerintahan Presiden Soeharto sampai dengan Pemerintahan B.J. Habibie. Kini usia mobil ini sudah tidak dapat dibilang muda.

Setelah masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie mobil ini sudah tidak digunakan untuk kegiatan credential dan digantikan dengan mobil Mercedes-Banz sampai dengan sekarang.

(kpl/nzr/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami