Mengenal MG Motor, Pabrikan 'Blasteran' Inggris dan China

MG Motor memang merek dari Inggris, tapi kini diproduksi di China dan dimiliki pabrikan otomotif asal China.

Kamis, 26 Maret 2020 13:45
Mengenal MG Motor, Pabrikan 'Blasteran' Inggris dan China MG ZS (MG Motor Indonesia)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - MG Motor Indonesia berhasil menghebohkan para pecinta otomotif dalam negeri. Wajar saja, mereka menghadirkan SUV compact 5-seater, MG ZS, dengan harga yang jauh lebih murah dibanding rival sekelasnya.

Dengan banderol terjangkau, MG ZS tetap mengusung konsep Brit Dynamic yang kental dengan nuansa Eropa. Tengok saja gril depannya yang besar serta diapit oleh LED DRL dan projector-headlight.

Urusan fitur pun tak kalah dengan rival sekelasnya. MG ZS memiliki panoramic-sunroof yang membuat nuansa kabin menjadi lebih lega dan head-unit display touchscreen 8 inci dengan konektivitas Apple CarPlay.

1 dari 1 Halaman

Tapi, siapa sebenarnya MG Motor?

MG sebenarnya adalah singkatan dari Morris Garage. Pabrikan ini didirikan di Inggris pada 1924 silam oleh William Morris dan Cecil Kimber. Produk pertamanya, MG 14/28 dirilis secara resmi di tahun yang sama.

Namun, pada tahun 2010, MG Motor telah dibeli perusahaan otomotif asal China, SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation). Dengan begitu, bisa dibilang mereka adalah saudara tiri dari Wuling akibat adanya aliansi SAIC-GM-Wuling.

Meski telah dibeli oleh SAIC, kantor pusat MG Motor tetap berada di kampung halamannya, Longbridge, Birmingham, Inggris. Hanya saja, lini produksinya berada di China, tepatnya Lingang, Shanghai dan Zhengzou. SAIC pun memiliki pabrik di negara lain, yaitu Thailand dan India.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami