Mengenal Lebih Dekat Fungsi Brush Pada Motor Starter

Begini fungsi brush pada motor starter. Simak selengkapnya!

Jum'at, 13 Mei 2022 10:30
Mengenal Lebih Dekat Fungsi Brush Pada Motor Starter Ilustrasi motor Honda Vario 160 (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Saat mobil Otolovers tidak mau dinyalakan, mungkin komponen starter yang menyebabkan permasalahan ini adalah brush/sikat. Benar saja, brush tersebut terbuat dari material tembaga lunak dan karbon yang sewaktu-waktu dapat aus.

Hal ini wajar terjadi karena komponen satu ini akan bersinggungan dengan komutator yang berputar. Fungsinya pun cukup vital dalam motor starter. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fungsi brush pada motor starter.

1 dari 2 Halaman

Fungsi Brush

Brush atau sikat ini memiliki fungsi sebagai penghantar dan meneruskan arus listrik yang berasal dari field coil menuju armature coil dan diteruskan ke komutator hingga ke masa. Brush terbagi menjadi dua bagian, yaitu brush positif dua buah dan brush negatif dua buah. 

2 dari 2 Halaman

Efek Brush Aus

Ketika Otolovers telah mengetahui fungsi dari brush ini, penting untuk mengetahui juga efek yang ditimbulkan jika brush mengalami aus. Hal ini dikarenakan untuk mencegah kerusakan. Saat brush ini aus, maka persinggungannya dengan komutator menjadi kurang optimal. 

Kondisi tersebut mengakibatkan tahanan menjadi besar dan proses penghantaran menjadi kurang maksimal. Arus yang kurang maksimal inilah menyebabkan kinerja momentum putar terganggu dan bisa saja mobil menjadi susah untuk dinyalakan. 

Demikian, fungsi brush pada motor starter yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

(kpl/ahm)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami