Mengenal Itasha, Hiasan Kendaraan Bertema Karakter-karakter Fiksional

Anda suka kartun? mungkin Anda ingin memodifikasi penampilan mobil Anda untuk mengapresiasi karakter kartun kesayangan Anda.

Selasa, 11 April 2017 16:00
Mengenal Itasha, Hiasan Kendaraan Bertema Karakter-karakter Fiksional Image by: jalopnik.com

Editor : Magang
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Jika Anda melewati jalanan di Jakarta atau di tempat lainnya, mungkin Anda pernah melihat ada sebuah mobil yang melintas dengan bodi mobil yang sudah dipenuhi dengan gambar-gambar karakter kartun fiksional Jepang (anime).

Selain itu, karakter-karakter dari game, novel, dan komik juga seringkali dipakai sehingga menonjolkan kesan warna mobil yang mencolok dengan berbagai desain grafis di sana-sini. Hal itu dilakukan untuk mengapresiasi karakter-karakter favorit mereka pada sebuah mobil. Mereka menyebutnya "Itasha".

Seperti yang dikutip dari wikipedia.id, Itasha dalam bahasa Jepang berarti mobil yang tersakiti. Atau dalam pengertian lainnya disebut sebagai istilah di mana para penggemar otomotif dan juga peminat anime memodifikasi kendaraan mereka dengan menempelkan gambar karakter favorit mereka.

Itasha pertama kali ditemukan di Jepang dan Kebanyakan berisikan karakter wanita. Bahan yang digunakan untuk membuat Itasha yaitu berupa stiker khusus dan cat. Selain mobil, sepeda motor pun juga bisa digunakan dan biasanya disebut "Itansha" atau motor yang tersakiti. Istilah "tersakiti" dapat diartikan sebagai rasa sesal atau atau malu karena menyakiti dompet untuk membayar tingginya biaya pemasangan stiker tersebut.

1 dari 2 Halaman

Awal Mula Kemunculan Itasha

Awal Mula Kemunculan Itasha

Kata itasha pertama kali diambil pada tahun 1980 dan menggunakan bahasa lokal Jepang. Pada era tersebut. jalanan Tokyo dibanjiri dengan mobil-mobil impor mewah namun penuh dengan karakter warna tajam dan kental balutan grafis. Kendaraan tersebut dijuluki "Itasha". Itasha merupakan singkatan dari "Itaria-sha" yang berarti kendaraan asal Italia.

10 tahun kemudian, istilah "Itai" terinspirasi dari pembunuh berantai Tsutomu Miyazaki, yang kuat dan selalu dipuja. Pada saat itulah, istilah "Itasha" digunakan. "Itai" dalam bahasa Jepang berarti menyakitkan, dan "sha" berarti kendaraan.

 Awalnya, hiasan itasha dengan karakter favorit itu dimulai dengan memasang boneka pada mobil serta stiker dari tokoh anime favoritnya. Namun pada abad ke-21, orang-orang mulai mengenal istilah otaku (orang yang mencintai anime beserta karakter-karakternya), hingga akhirnya itasha semakin lama, semakin ramai dibicarakan.

Kini, itasha tidak hanya sekedar memasang stiker pada satu bagian body mobil, tetapi sudah bisa terpasang hingga menutupi body mobil. Pada tahun 2007, sebuah pameran mobil digelar di Ariake (Tokyo) dengan tema itasha dan berhasil menyedot banyak pengunjung. Terlebih lagi, lokasinya yang sangat dekat dengan event comic market, membuatnya banjir pelancong yang gemar dengan anime Jepang.

Selain dijadikan sebagai hobi para otaku, modifikasi itasha juga dipasang pada mobil-mobil balap Jepang, baik itu balapan dalam skala lokal atau internasional. Bahkan, tim-tim profesional dan pihak manufaktur tidak keberatan menyulap mobil balap mereka menjadi itasha. Hal itu tidak hanya sebagai sponsor, tetapi juga untuk memperbesar penggemar tim atau mempromosikan acara anime yang mereka ikuti.

Sampai sekarang, itasha sudah dikenal oleh banyak penggemar anime dan sudah tersebar luas di dunia, terutama Indonesia.

 

 

2 dari 2 Halaman

Cara Pembuatan Itasha

Cara Pembuatan Itasha

Cara pembuatannya bisa dibilang cukup rumit dan memerlukan kesabaran serta ketelitian yang ekstra. Pertama, Anda harus mendesain itasha untuk mobil Anda melalui software seperti Photoshop, CorelDraw, dan app sejenisnya.

Lalu, setelah desain sudah ditentukan, maka berlanjut ke proses percetakan. Disinilah bagian tersulitnya, Anda harus memotong stiker itasha yang sudah tercetak dengan hati-hati. Kesalahan sedikit dapat merusak stiker dan membuyarkan rencana Anda. Setelah terpotong dengan rapi, tempelkan pada mobil Anda dengan teliti. Selesai itu, mobil Anda sudah dihiasi dengan karakter favorit pujaan.

Selain karakter Anime, Anda juga bisa menggunakan karakter kartun lain seperti Doraemon, Spongebob Squarepants, Hello Kitty, dan lain-lain. Biaya pemasanganya berkisar antara Rp. 800 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung tingkat kerumitan desain itasha dan juga bahan yang digunakan.

Apakah Anda tertarik dengan modifikasi mobil itasha? Karakter favorit apa yang mau Anda tempel di mobil Anda sebagai Itasha? Silahkan berikan jawaban Anda di kolom komentar.

 

 

(kpl/nic/mag)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami