Mengenal Istilah Blue Core dan VVA yang Disematkan di Yamaha NMax

Nama Blue Core sendiri didapat dari kata 'Blue' yang menjadi identitas Yamaha baik di dunia balap dan global.

Selasa, 12 Desember 2017 08:00
Yamaha NMax Facelift 2018 (Otosia)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis NMax Facelift 2018. Tampilan mewah NMax terbaru ini tak hanya dipancarkan dari fitur yang disematkan, namun juga empat pilihan warna baru, yakni Matte Grey, Matte Black, Blue dan White.

Tak hanya itu, Yamaha NMax juga dibekali mesin 155cc berteknologi Blue Core dan VVA. Lantas apa yang dimaksud dengan Blue Core dan VVA ini?

Dengan teknologi Blue Core, Yamaha NMax diklaim bisa lebih bertenaga serta irit bahan bakar. Blue Core ini merupakan inovasi terbaru dari mesin Yamaha yang menjawab keinginan konsumen akan motor bertenaga tapi irit bahan bakar.

Foto: Yamaha-indonesia.co.id

Filosofi Blue Core dikembangkan dari pemikiran jika setetes bensin dapat digunakan semaksimal mungkin dan dapat memberikan kegembiraan (Kando) saat berkendara.

Nama Blue Core sendiri didapat dari kata 'Blue' yang menjadi identitas Yamaha baik di dunia balap dan global. Serta fun & excitement serta ramah lingkungan (Eco-Friendly). Serta digabungkan dengan kata 'Core' yang menjadi inti dari teknologi.

Kemudian, Yamaha menjadikan Blue Core ini platform untuk pasar global, yang mulai dipresentasikan pada tahun 2012. Dan mulai diaplikasikan pada model Nozza Grande di Vietnam dan Grand Filano di Thailand tahun ini.

Mesin Blue Core mulai digunakan sebagai basic engine platform model commuter di pasar ASEAN, pada 2014.

Foto: yamaha-motor.co.id

Sementara itu, mesin Yamaha juga dilengkapi dengan Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat YAMAHA NMAX 155 MODEL 2018 memiliki torsi merata di setiap putaran mesin.

Saat NMax generasi pertama diluncurkan, VVA pada motor matic berkapasitas 150cc Yamaha NMax sempat bikin geger dunia. VVA pada Yamaha NMAX juga terbukti membuat kinerja mesin semakin efisien dan bertenaga.

Teknologi Honda pada Yamaha NMax disebut punya kemiripan dengan teknologi VTEC pada mobil Honda. Prinsip kerja, VVA pada Yamaha NMax ini menggunakan solenoid. Bedanya di NMAX, kerja VVA lebih simpel.
Sistemnya hanya dibantu oleh 3 komponen. Yakni sebuah solenoid, 1 buah camshaft dengan 3 profil berbeda, yang mana 1 profil untuk klep buang dan 2 profil lagi untuk klep masuk. Serta rocker arm tambahan yang ada as penghubungnya.

Seperti VTEC di mobil Honda, dua bubungan kem untuk mengatur buka tutup klep in, juga punya profil yang berbeda. Masing-masing terhubung ke klep masuk pada rpm yang berbeda pula.

ECU baru memerintahkan solenoid untuk menonjok as penghubung dari rocker arm tambahan ke rocker arm utama pada putaran mesin 6.000 rpm ke atas. Nah sekarang paham kan VVA pada motor Yamaha NMax cara kerjanya sangat mirip VTEC pada mesin mobil Honda.

[pos_1]

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami