Mengenal Istilah Aquaplaning, Salah Satu Penyebab Kecelakaan Saat Jalan Basah

Bila mobil melaju dengan kecepatan tertentu maka sebagian air yang tak sempat dipindahkan oleh permukaan ban akan tetap tertahan di bawah ban.

Kamis, 07 Desember 2017 08:00
Ilustrasi jalanan basah (Pixabay)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Saat musim hujan, risiko berkendara semakin tinggi. Salah satu penyebabnya adalah jalanan yang licin. Risiko ini dikenal dengan nama aquaplaning atau hydroplaning. Hydroplaning atau aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat mobil melintasi genangan air di permukaan jalan.

Penyebab hydroplaning ini adalah kondisi yang terjadi saat air terakumulasi di depan ban mobil. Pada dasarnya permukaan ban mobil selalu dapat menapak pada permukaan jalan karena menahan bobot mobil. Apabila mobil dikendarai dengan kecepatan tertentu, maka tekanan ban pada jalan akan berkurang.

Di sisi lain, air meskipun terlihat sangat encer. Tetapi ternyata air memiliki viskositas (kekentalan) tertentu sehingga membutuhkan waktu untuk mengalir atau berpindah tempat sekalipun mendapatkan tekanan yang cukup besar (sebesar bobot sebuah mobil).

Bila mobil melaju dengan kecepatan tertentu maka sebagian air yang tak sempat dipindahkan oleh permukaan ban akan tetap tertahan di bawah ban. Kemudian membentuk lapisan tipis tetapi cukup untuk menahan permukaan ban mobil sehingga tidak menyentuh permukaan jalan.

Saat ban kehilangan penapakan/penjejakan di permukaan jalan, maka upaya pengereman dan pengendalian setir menjadi tidak tidak efektif. Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa direm atau keluar dari jalur semestinya.

Apabila ini terjadi di jalan yang ramai maka dapat menyebabkan terjadinya tabrakan. Dalam kondisi ekstrim hydroplaning dapat menyebabkan mobil mengalami kecelakaan tunggal serius seperti terbalik atau menabrak bangunan di pingir jalan.

(Sumber: abm-motorsport.co.id)

BERITA MENARIK LAINNYACara Unik Bikin Mobil Tetap Kering Meski Terendam BanjirTernyata Ini Bahaya Menyalakan AC Mobil Saat Hujan4 Cara Mudah Rawat dan Bersihkan Wiper MobilMusim Hujan Tiba, Ini Tips Rawat Motor Agar Tetap CiamikMusim Hujan Datang, Pastikan 4 Barang Ini Ada di Mobil AndaBagi-Bagi Tips Banjir, Adira Siap 24 Jam

 

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami