Mengenal Hyundai Alcazar, Creta Versi 7 Penumpang

HMID belum lama ini merilis Creta. Di India, mobil yang sama mempunyai versi 7 penumpang, yakni Hyundai Alcazar. Begini rinciannya.

Rabu, 01 Desember 2021 19:15
Mengenal Hyundai Alcazar, Creta Versi 7 Penumpang Hyundai Alcazar (carwale.com)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID)  telah memperkenalkan SUV terbaru Creta pada ajang GIIAS 2021 kemarin.

Hyundai Creta hadir diposisikan sebagai SUV kompak lima penumpang. Segmen tersebut diisi cukup banyak pemain, di antaranya Honda HR-V, KIA Seltos, Mazda CX-3, dan MG ZS.

Yang menarik, Creta ternyata mempunyai versi tujuh penumpang di India. Mobil itu lebih dikenal dengan nama Hyundai Alcazar. SUV itu mempunyai dimensi panjang 4.500mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.675 mm.

Ukuran tersebut cukup mirip dengan dimensi Mitsubishi Xpander Cross. Jika HMID berencana memboyong Alcazar ke Indonesia, maka mobil itu akan menjadi pesaing baru di kelas LSUV.

1 dari 5 Halaman

Sisi belakang Hyundai Alcazar (Hyundai)

Berbeda dengan Hyundai Creta di Indonesia, Alcazar masih mengusung tampilan Creta lawas yang hingga saat ini masih dijual di negeri Bollywood. Pada dasarnya DRL mobil itu belum menyatu dengan grill depan.

Sentuhan desain Creta bisa dilihat pada tarikan garis di bagian samping, di mana area fender lebih menonjol keluar dan bentuk atap pada Alcazar cukup mirip dengan versi 5-seater.

Sementara sektor buritan mobil tersebut berbeda dengan Creta pada umumnya. Selain mendapatkan 'punuk' di bagian belakang, bumper belakang mobil itu diberi aksesori skid plate besar berwarna perak, dan lampu LED yang menyatu.

2 dari 5 Halaman

Interior

Interior Hyundai Alcazar (carwale.com)

Kesamaan dengan Creta berlanjut ke bagian interior. Alcazar mempunyai bentuk dasbor yang sama persis dengan Hyundai Creta, di mana bagian tengah dasbor menonjol keluar sedikit.

Bahkan penataan parts-parts mobil itu juga sama. Sebagai contoh bentuk ventilasi udara di bagian kiri berbentuk oval dan vertikal, lalu panel AC semi digital juga disertakan putaran kenob, dan setir sudah menggunakan desain terbaru.

3 dari 5 Halaman

Secara fitur, Alcazar tergolong mumpuni. SUV itu sudah dilengkapi panoramic sunoroof, jok kulit, head unit besar dan canggih, speedometer digital, wireless charging, setir tilt dan teleskopik, pendingin kursi baris pertama, serta kerai kaca samping untuk baris kedua.

Yang menarik, Alcazar di India tersedia dengan konfigurasi tempat duduk tujuh penumpang atau enam penumpang. Jika memilih versi enam penumpang, maka kursi tengah baris kedua menjadi konsol tengah tersendiri yang dilengkapi armrest dan cup holder.

4 dari 5 Halaman

Keselamatan, peforma, harga

Hyundai Alcazar dengan konfigurasi 6 seater (Hyundai)

Fitur keselamatan Hyundai Alcazar sedikit berbeda dengan Creta di Indonesia. SUV ini belum dilengkapi teknologi Hyundai SmartSense. Jadi di Alcazar tidak ditemukan fitur keselamatan canggih seperti Lane Keep Assist (LKA), Forward Collision Mitigation (FCM), serta Blind Spot Collision-avoidance Assist (BCA)

Kendati demikian, mobil itu sudah dilengkapi dengan 6 airbags, kamera 360, Blind View Monitor (BVM), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD, rem parkir elektrik, dan rem belakang cakram.

5 dari 5 Halaman

Hyundai Alcazar menawarkan dua pilihan mesin, bensin dan diesel. Dapur pacu bensin berkapasitas 2.000cc MPi dengan semburan tenaga 159 PS dan torsi 191 Nm. Sedangkan jangung pacu diesel berupa mesin 1.500cc CRDi yang menghasilkan output 115 PS dengan torsi 250 Nm.

Kedua mesin itu menyalurkan seluruh tenaga ke roda depan melalui transmisi manual enam percepatan atau transmisi otomatis enam percepatan.

Untuk harga, Hyundai Alcazar termurah Prestige 7 seater bermesin bensin dibanderol 1.630.000 Rupee atau Rp 311 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 190, 83), sedangkan tipe termahal Signature 6 seater bermesin diesel dijual 2.015.000 Rupee atau Rp 384,7 juta.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami