Mengenal Daihatsu Altis, Kembaran Toyota Camry di Jepang

Di Jepang, Toyota Camry dijual di bawah bendera Daihatsu dengan nama Altis. Padahal di Indonesia, nama Altis kerap dikaitkan dengan sedan Corolla.

Senin, 13 September 2021 12:15
Mengenal Daihatsu Altis, Kembaran Toyota Camry di Jepang Daihatsu Altis (daihatsu.co.jp)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia sudah menghasilkan beberapa model yang diterima pasar cukup baik. Sebut saja Avanza dan Xenia, Rocky dan Raize, Sigra dan Calya, serta Terios dan Rush.

Namun di luar negeri, kedua merek Jepang tersebut tidak banyak menghasilkan mobil kembar. Di Jepang misalnya, kolaborasi antara Diahatsu dan Toyota terbatas pada Rocky dan Raize dan satu sedan. Model tersebut adalah Toyota Camry, sebuah sedan yang sudah lekat sebagai produk brand Toyota.

Ternyata, menurut situs daihatsu.co.jp, sedan tersebut juga dijual di bawah bendera Daihatsu dengan nama Altis. Padahal di Indonesia, nama Altis kerap dikaitkan dengan sedan Corolla. 

 

 

 

1 dari 3 Halaman

Eksterior

Sisi belakang Daihatsu Altis (daihatsu.co.jp)

 

Meski memakai nama Altis, sedan tersebut merupakan Toyota Camry dengan lambang Daihatsu. Hal ini terlihat pada eksteriornya yang sama persis dengan Camry. Artinya bentuk menawan dan fitur-fitur pada Toyota Camry tidak diubah.

Sedan itu mengusung bahasa desain Toyota mulai dari bumper depan dengan grille besarnya sampai lampu belakang yang pipih dan menyambung dengan tarikan garis bodinya.

Bahkan deretan fitur seperti lampu projector dan DRL LED, lis krom, pelek motif kipas, dan antena shark fin bawaannya sama persis dengan kepunyaan Toyota Camry.

 

2 dari 3 Halaman

Interior dan fitur keselamatan

Interior Daihatsu Altis (daihatsu.co.jp)

 

Bagian dalam Daihatsu Altis juga tidak berubah dari desain Toyota Camry, hanya logo Toyota berganti menjadi Daihatsu. Bentuk unik dasbor mobil yang diikuti tarikan garis memanjang sampai di bagian konsol tengahnya serupa.

Ada juga letak tombol-tombol AC, bentuk lingkar kemudi, speedometer semi digital, cupholder di konsol tengah, head unit besar, serta lis berwarna silver yang juga ditemukan pada interior Camry.

Lantaran Daihatsu Altis berbasis dari Toyota Camry di Jepang, perangkat keselamatannya sudah lengkap. Sedan itu disematkan peranti keselamatan seperti rem parkir elektrik, kamera 360, pre-collision system, adaptive cruise controlblind spot monitorlane trace assist, dan rear cross traffic alert.

 

3 dari 3 Halaman

Mesin dan harga

Fitur-fitur keselamatan Daihatsu Altis (daihatsu.co.jp)

Daihatsu Altis ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin 2.500cc dengan tenaga 211 PS. Sedangkan kedua dipadu dengan teknologi hybrid. Kombinasi itu menyemburkan tenaga 218 PS dan menjadikan Altis mobil berpenggerak empat roda (4WD).

Untuk harga, Daihatsu Altis dibanderol mulai dari 4.053.000 yen atau Rp 523 juta (dengan kurs 1 yen = Rp 129,14), sementara model hybrid 4WD dipatok harga 4.251.000 yen atau Rp 549 juta.

 
(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami