Mengenal Bus Kayu Prayun, Transportasi dengan Kesan Kearifan Lokal Indonesia

Untuk lebih mengenal Bus Kayu Prayun, simak ulasan berikut ini

Kamis, 02 Juli 2020 19:15
Mengenal Bus Kayu Prayun, Transportasi dengan Kesan Kearifan Lokal Indonesia Bus kayu prayun (Instagram/@hadis_tea)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sejarah tranportasi Indonesia memang cukup panjang. Bagi pelaku sejarah masa lalu, pasti rindu dengan angkutan-angkutan jadul. Namun nostalgia tetap bisa dilakukan. Apalagi kalau bukan berkunjung ke daerah yang jadikan salah satu jenis transportasi menjadi ikon pariwisata.

Contohnya adalah transportasi yang ada di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Di wilayah tersebut ada sebuah Bus Kayu yang sering disapa Prayun. Sesuai dengan namanya, bus ini memang benar dari daerah bernama Prayun, salah satu bagian dari kabupaten Karimun. Untuk lebih mengenal Bus Kayu Prayun, simak ulasan berikut ini.

1 dari 5 Halaman

Facebook/PT Timah Tbk

Melansir dari akun Facebook PT Timah Tbk, bus ini memang benar-benar bernuasa kayu. Bahkan perpaduan besi dan ornamen kayu pada setiap sisi bikin tampilan memiliki kesan kearifan lokal Indonesia.

2 dari 5 Halaman

Instagram/@hadis_tea

Sebelumnya Bus Kayu Prayun hanya dimanfaatkan untuk mengangkut pekerja timah. Perlahan, fungsi bus ini juga dimanfaatkan untuk transportasi pariwisata di area Karimun.

3 dari 5 Halaman

Istimewa

Sebenarnya ini bukan bus yang seperti Otolovers kira. Pasalnya, transportasi satu ini merupakan truk yang dimodifikasi menjadi sebuah bus dengan memanfaatkan kayu.

4 dari 5 Halaman

Instagram/@hadis_tea

Satu yang paling unik dari bus kayu ini, yakni kaca depan yang bisa dibuka ke atas. Sangat berbeda dengan bus pada umumnya bukan?

5 dari 5 Halaman

Instagram/@hadis_tea

Nah beginilah penampakan di dalam bus kayu Prayun. Jok memanjang layaknya di sebuah angkot. Namun tenang saja, meski terkesan jadul, Otolovers dijamin tak kesepian. Lantaran bus kayu biasanya disertai dengan full musik.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami