Mengenal Beragam Jenis Ban Mobil yang Umum Ditemui

Simak beberapa jenis ban mobil yang biasa terpasang di mobil Indonesia.

Jum'at, 29 November 2019 14:45
Mengenal Beragam Jenis Ban Mobil yang Umum Ditemui Ban mobil (performanceplustire.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Ban mobil merupakan bagian yang penting. Komponen inilah yang menghubungkan kendaraan ke permukaan sehingga bisa melaju dengan lancar.

Ternyata, jenis ban mobil tak hanya 1. Mengutip dari Tirerack.com, berikut beberapa jenis ban mobil yang umum ditemui:

 

1 dari 6 Halaman

Comfort Tire

Comfort Tire

Ban jenis ini menggunakan karet tebal dan celah alurnya dibuat rapat. Seperti namanya, tujuannya ialah untuk meningkatkan kenyamanan berkendara serta mempercepat aliran udara di atas permukaan ban.

Profil comfort tire biasanya cenderung tebal, berkisar di angka 60 sampai 75. Hanya saja, dampak negatifnya ialah pengendalian mobil menjadi tak terlalu presisi.

2 dari 6 Halaman

Performance Tire

Performance Tire

Seperti namanya, jenis ini digunakan untuk mengoptimalkan performa mobil. Profil ban dibuat tipis dan karetnya lebih lunak sehingga pengendalian mobil menjadi lebih akurat.

Celah alurnya pun dibuat lebar untuk memompa air keluar dari permukaan saat melintasi jalanan basah. Sayangnya, karet yang lunak membuat ban menjadi cepat panas dan aus.

3 dari 6 Halaman

Off-Road Tire

Off-Road Tire

Jelas ban ini diciptakan untuk melibas medan non-aspal. Off-road tire terbagi dalam 2 macam, pertama ialah all-terrain tire yang mampu melintas di jalan biasa maupun off-road. Hanya saja, muncul suara berisik ketika melintas di aspal.

Kemudian ialah mountain terrain tire atau kerap disebut sebagai full off-road tire. Model ini memiliki alur yang menonjol dan tidak direkomendasikan untuk digunakan di aspal. Celah yang dalam membuat ban memiliki grip yang baik di jalanan berlumpur dan pasir.

4 dari 6 Halaman

Eco Tire

Eco Tire

Berbagai pabrikan pun membuat ban yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jenis ini dilapisi silika agar grip ke jalan menjadi lebih baik.

Secara teknis, lapisan silika juga membuat rolling resistance berkurang sehingga mobil lebih irit. Seperti comfort tire, ban jenis eco tire ini juga memiliki profil yang cenderung tebal, antara 65 sampai 75. 

5 dari 6 Halaman

Run Flat Tire

Run Flat Tire

Run flat tire (RFT) kerap disebut juga sebagai ban anti kempis. Jenis ini memiliki lapisan dinding samping khusus yang lebih kuat dibanding ban pada umumnya.

Konstruksi tersebut yang membuat ban masih dapat bertahan ketika angin di dalamnya habis. Meski demikian, saat ban RFT mengalami kebocoran, pengendara tetap harus mengurangi kecepatan sesuai anjuran pabrikan ban.

6 dari 6 Halaman

Spare Tire

Spare Tire

Dari namanya, terlihat jelas bahwa spare tire merupakan ban cadangan atau ban serep. Berdasarkan ukurannya, ban ini dibagi dalam 2 macam, yakni full-size dan temporary space saver.

Full-size spare tire merupakan ban dan velg yang sama seperti roda mobil. Sedangkan temporary spare tire ialah ban khusus dengan velg yang berbeda dan dianjurkan melaju dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami