Mengenal 4 Model Jas Hujan, Mana yang Cocok untuk Naik Motor?

Saat ini terdapat 4 model jas hujan untuk berkendara sepeda motor. Dari keempat jenis jas hujan, model training adalah yang dianjurkan.

Selasa, 24 November 2020 10:15
Mengenal 4 Model Jas Hujan, Mana yang Cocok untuk Naik Motor? Ilustrasi 2 pemotor dengan model jas hujan berbeda (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Intensitas hujan bervariasi, mulai dari sedang hingga lebat. Pengendara sepeda motor pun diminta tetap waspada dan berhati-hati.

Hujan merupakan tantangan alam yang tidak bisa dihindari. Bagi bikers dengan tingkat mobilitas tinggi mau tidak mau harus tetap berkendara saat hujan.

Acap kali, bikers tidak bisa menghindari hujan dan menggunakan jas hujan saat berkendara untuk melindungi badan dari air dan basah.

Saat ini di pasaran terdapat beberapa jenis jas hujan. Namun tetap dianjurkan memilih jas hujan yang aman dan nyaman.

Berikut adalah model jas hujan yang beredar di pasaran:

1 dari 5 Halaman

1. Ponco atau model mantel yang memanjang ke bawah

Mantel ponco biasanya berwarna hijau karena digunakan untuk kepentingan militer sebagai kamuflase saat berada di luar ruangan atau di hutan.

2 dari 5 Halaman

2. Model mantel memanjang ke bawah dan bersabuk.

Model mantel ini berupa jubah dengan lengan panjang, terusan ke bawah dan dilengkapi sabuk agar rapi. Biasanya digunakan oleh petugas kepolisian atau pemadam kebakaran dalam menjalankan tugas.

3 dari 5 Halaman

3. Model training (terpisah atasan dan celana).

Model ini paling cocok digunakan aktivitas yang memerlukan gerak tubuh yang lebih aktif dan melindungi badan dari air hujan dari segala sisi.

4 dari 5 Halaman

4. Model training (terpisah atas dan rok/gamis)

Sama dengan model training, namun berbeda di bagian bawahan berupa rok. Biasanya digunakan oleh wanita yang sedang menggunakan rok supaya lebih mudah saat memakainya.

Dari pilihan jas hujan tersebut, dianjurkan untuk menggunakan model training.Bagian atas berbentuk kemeja dengan krah tinggi dan dilengkapi penutup kepala yang menyatu, bagian bawah berupa celana panjang.

"Model ini dipilih karena mendukung keleluasaan bagian tubuh bergerak bermanuver selama berkendara, serta melindungi hampir seluruh tubuh dari air," ujar Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah.

5 dari 5 Halaman

Selain itu pilih warna yang cerah dan strip yang bisa memantulkan cahaya, membuat Anda cepat dan mudah dikenali dalam kondisi cuaca hujan dimana kondisi lebih gelap dan pandangan terganggu oleh tirai hujan.

“Saat hujan, badan akan cenderung cepat lelah karena suhu udara turun dan jumlah kandungan air meningkat sehingga menyebabkan tubuh bekerja lebih untuk mempertahankan kondisi badan dari dingin dan basah. Ditambah lagi, kondisi pengendara yang cenderung emosional karena tergesa-gesa dapat menyebabkan konsentrasi mudah buyar,” imbuhnya, mengingatkan.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami