Mengemudi Truk Adalah Seni, Begini Cara Volvo Latih Sopir

Mengemudikan kendaraan berat seperti truk memang membutuhkan keterampilan khusus. Namun mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Hal inilah yang kemudian diwujudkan Volvo Truck Indonesia melalui kompetisi Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018.

Jum'at, 27 Juli 2018 08:45
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mengemudikan kendaraan berat seperti truk memang membutuhkan keterampilan khusus. Namun mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Hal inilah yang kemudian diwujudkan Volvo Truck Indonesia melalui kompetisi Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018.

Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya kini berubah konsep. Dalam artian kompetisi tidak lagi hanya difokuskan pada tingkat efisiensi pengunaan bahan bakar.

Tahun ini kompetisi menyoroti pentingnya mengemudi yang efisien dengan tema "The Driver Makes The Difference". Kompetisi menguji keterampilan pengemudi di bidang efisiensi bahan bakar, keamanan, dan kemampuan manuver.

"Ini penting bagi pengguna truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka," ujar Jurn Terpstra - Managing Director PT Volvo Indonesia.

Tercatat ada 8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia berkompetisi di Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018, yang diselenggarakan bersama oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras belum lama ini di Sentul.

Para pengemudi truk mengemudikan Volvo FH, Volvo FM dan Volvo FMX di jalur on road dan off road sepanjang 7 km dengan menggunakan bahan bakar seminim mungkin. Kompetisi tahun ini juga memasukkan putaran baru, yakni peserta harus menyelesaikan misi transportasi lebih dari 5 pos pemeriksaan, dimana semuanya harus ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

"Kami benar-benar ingin merayakan peran pengemudi dengan mengapresiasi mereka yang telah menjadikan keterampilan mengemudi yang efektif menjadi efisien," tutup Jurn Terpstra.

Baca Ini Juga Dong Otolovers

(kpl/nzr/ahm)
TAGS :
Volvo,   Truk
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami