Mengapa Mitsubishi Expander Tidak Pakai Penggerak 4 Roda?

Dipercaya mengusung beberapa teknologi suspensi dari Mitsubishi Lancer Evolution, sesungguhnya MPV Mitsubishi ini bisa saja dikembangkan untuk memiliki penggerak empat roda

Senin, 24 Juli 2017 17:45
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Setelah lama mengumandangkan rencana untuk meramaikan pasar multi-purpose vehicle (MPV) di Indonesia, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia akhirnya memperkenalkan produk terbarunya itu.

MPV yang belum diumumkan namanya ini, tetapi disebut-sebut sebagai "Expander" atau "Xpander" tersebut, diperkenalkan di Jakarta, Senin (24/7/2017) dengan mengusung sebutan "Next Generation MPV".

Untuk urusan jantung pacu, Next Generation MPV Mitsubishi ini menggunakan 1,5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) 16 katup berbahan bakar bensin.

Transmisinya sendiri tersedia dalam dua pilihan, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, yang bertanggungjawab untuk menyalurkan tenaga mesin ke penggerak roda depan.

Dipercaya mengusung beberapa teknologi suspensi dari Mitsubishi Lancer Evolution, sesungguhnya MPV Mitsubishi ini bisa saja dikembangkan untuk memiliki penggerak empat roda, namun rencana tersebut batal demi menekan biaya produksi yang murah.

Alasan efisiensi juga menjadi alasan utama dalam pemilihan penggerak roda depan ketimbang ke belakang seperti Toyota Avanza.

Murahnya penggerak roda depan menjadi alasan utama. Sistem mekanis pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit dan pemasangannya lebih mudah.

Karena hilangnya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang, bobot mobil lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami