Mengapa Tekanan angin Pada Ban Begitu Penting?

Tekanan angin pada ban kendaraan kadang kala dianggap remeh. Seringkali diperiksa apabila dirasa kempis saja.

Kamis, 08 Juni 2017 20:45
Foto: istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Sebagai salah satu bagian paling vital pada sebuah kendaraan, ban diwajibkan untuk selalu dalam kondisi prima, dengan tekanan angin yang sempurna.

Sejatinya, tekanan angin ban mobil akan terus berkurang meski tidak signifikan. Kondisi di mana tekanan angin menurun di bawah batas ideal ini akan mengurangi kenyamanan dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Tak hanya itu, ban mobil dengan angin yang tidak sesuai juga tentu akan membahayakan saat dikendarai.

Selain efek serta bahaya yang mungkin terjadi, tekanan angin yang kurang pas juga akan membuat usia pakai ban menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, tekanan angin pada ban mobil harus dicek setidaknya satu kali setiap bulannya.

Hal ini dikarenakan kondisi ban masuk ke dalam kategori keamanan dalam berkendara. Dalam perjalanan jauh dan kecepatan tinggi, tekanan angin yang tidak sesuai bisa saja menyebabkan ban mobil pecah secara tiba-tiba.

Umumnya, kecelakaan yang diakibatkan ban pecah saat kecepatan tinggi juga dialami karena ban yang kempis sementara muatan mobil terbilang banyak.

Bahkan untuk beberapa kasus, muatan mobil juga melebihi kapasitas mobil itu sendiri. Efeknya, ban yang kempis akan membuat dinding ban menerima tekanan lebih dari yang sudah didesain untuk diterima.

Untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan kondisi tekanan angin ban mobil, Otolovers dapat membawa ke tukang tambal ban mobil atau lebih baik lagi ke toko ban mobil yang sudah pasti memiliki standar untuk memeriksa.

Jika dirasa kurang atau terlalu kuat, maka montir atau petugas akan langsung menyesuaikan dengan mengeluarkan angin ban atau menambahkannya agar sesuai standar.


Jika ingin melakukan pemeriksaan sendiri, sekarang sudah banyak dijual bebas alat untuk mengukur tekanan angin dalam ban mobil. Anda bisa mendapatkannya di toko otomotif atau toko perlengkapan di mall besar.

Selain itu, tak ada salahnya untuk melengkapi mobil anda dengan kompresor mini untuk mengisi angin ban.

Perlu diperhatikan, setiap mobil memiliki standar tekanan angin ban yang dibutuhkan. Biasanya ketentuan ini bisa diketahui dari stiker yang tertempel pada stiker dekat dengan pintu atau tempat lainnya.

Selain itu, sesuaikan tekanan standar mobil tersebut dengan batas tekanan yang dapat diterima oleh ban mobil. Hal ini akan tertulis pada spesifikasi ban mobil secara detail.

Lebih baik otolovers mengisi tekanan angin sesuai kebutuhan yang ideal dan jangan dipaksakan untuk mengisi dengan tekanan maksimal.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami