Mengapa Tanki BBM berada di Sisi Kanan Atau Kiri?

Rupanya ada alasan mengapa penutup tanki bahan bakar berada di sebelah kanan tau kiri.

Kamis, 02 Maret 2017 10:15
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Semua mobil berbahan bakar bensin maupun diesel, pasti memiliki tanki bahan bakar, entar berada sisi kanan, maupun kiri. Namun, mengapa demikian, dan mengapa tidak di tengah saja?

Pada era 60-70-an, ada beberapa mobil yang memiliki penutup tanki bahan bakar berada di bagian belakang, tepat di tengah dan ditutupi oleh plat nomor.

Namun, rupanya penempatan ini disinyalir menimbulkan bahaya, karena jika mobil ditanrak dari belakang, otomatos terdapat resiko tanki bahan bakar meledak dan mengancam nyawa di sekitar, dan akhirnya dianggap ilegal.

Maka dari itu, produsen mobil pun diperintahkan untuk menempatkan tanki bahan bakar untuk tidak berada di crumple zone, atau zona tumbukan saat terjadi tabrakan.

Produsen mobil pun memindahkan penutuk bahan bakar ke bagian samping. Namun, timbul pertanyaan, mengapa ada beberapa penutup bahan bakar sebagian mobil berada di kiri dan ada yang di kanan.

jawabannya sangat bergantung dimana mobil tersebut dikembangkan. Ambil contoh, mobil yang berada di Indonesia seperti Toyota Avanza, ada alasan tertentu mengapa tanki bahan bakar berada di sebelah kiri. Itu karena posisi pengendara di sebelah kanan. Apa hubungannya?

Diketahui, pada beberapa dekade yang lalu, tempat pengisian bahan bakar tidak lah seaman SPBU seperti jaman modern, dan stasiun pengisian langsung berada di pinggir jalan. Untuk menghindarkan resiko pengendara tertabrak saat mengisi bahan bakar, maka disetujui bahwa posisi tutup tanki berada di sisi yang berlawanan dengan pengemudi.

Maka dari itu, jika sebuah mobil memiliki tanki bahan bakar di sebelah kanan, besar kemungkinan bahwa mobil yang bersangkutan sejatinya dikembangkan di negara dengan posisi setir di kiri.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami