Mencampur Bahan Bakar untuk Sepeda Motor Tak Aman

Mungkin masih ada yang percaya bahwa mencampurkan jenis bahan bakar berbeda oktan bisa memberikan keuntungan berlebih bagi kendaraan.

Jum'at, 10 Januari 2020 12:15
Mencampur Bahan Bakar untuk Sepeda Motor Tak Aman Isi bahan bakar sepeda motor (Ilustrasi/Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ada yang beranggapan bahwa mencampur bahan bakar, seperti Pertamax dan Pertalite akan mendapatkan keuntungan lebih. Pendapat itu rupanya tak dibenarkan karena bisa memicu efek buruk untuk kendaraan.

Seperti dilansir dari laman Wahana Honda, para ahli teknik mesin mengungkapkan bahwa mencampur Pertamax dengan Pertalite bisa berefek buruk untuk mesin sepeda motor.

Fitur tambahan yang terkandung dalam Pertamax juga akan hilang. Contohnya, Pertamax memiliki kandungan yang bisa membersihkan kerak pada mesin. Jika dicampur, kandungan tersebut akan hilang.

 

1 dari 1 Halaman

Selain itu, proses pembakaran juga tidak akan optimal karena percampuran dua bahan bakar berbeda oktan tersebut. Sedangkan dampak jangka panjangnya, akan membuat mesin mengalami knocking atau ngelitik.

Sejumlah sepeda motor terkini dilengkapi dengan sensor bahan bakar. Jika mendeteksi percampuran bahan bakar yang tidak semestinya, indikator sensor tersebut akan menyala.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami