Membuka Sejarah, Ini 4 Perintis Kendaraan Niaga Ringan di Indonesia

Ada 4 mobil perintis kendaraan niaga ringan di Indonesia, berikut ini ulasan lengkapnya

Sabtu, 29 Agustus 2020 12:15
Membuka Sejarah, Ini 4 Perintis Kendaraan Niaga Ringan di Indonesia Mobil Morina (Facebook/Ifan Novist)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Di era 70-an lalu, pemerintahan Presiden Soeharto membuat program pengembangan industri otomotif melalui Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS).

Kebijakan tersebut bermaksud agar mampu meningkatkan investasi di bidang otomotif. Selain itu, KBNS bertujuan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab ada beberapa pilihan mobil niaga ringan dengan harga murah yang bisa dibeli.

Kurang lebih ada 4 mobil niaga ringan yang diluncurkan dari program KBNS, seperti Datsun Sena, Volkswagen Mitra, Vauxhall Morina, dan Toyota Kijang. Agar semakin mengenal sederet kendaraa tadi, berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1 dari 4 Halaman

Datsun Sena

Datsun Sena (Instagram/@bambanglegoyo)

Produk KBNS pertama adalah Datsun Sena. Mobil yang diluncurkan pada tahun 1974 ini dipasarkan oleh PT. Indokaya selaku pemegang merek Datsun di Indonesia.

Ternyata di era 70-an, pikap Sena cukup sukses di pasaran. Sebab PT. Indokaya mampu memroduksi Datsun Sena mencapai 250 unit per bulan.

2 dari 4 Halaman

Volkswagen Mitra

VW Mitra (Facebook/Szilveszter Vancsics)

Kemudian ada juga Volkswagen Mitra yang merupakan mobil hasil kolaborasi dari PT Garuda Mataram Motor (GMM) dan PT Pindad.

Mobil yang diluncurkan pada tahun 1974 ini dikembangkan dari basis VW EA489 transporter.

Hanya saja umur dari VW Mitra tidak cukup lama di Indonesia. Sebab di tahun 1979, PT GMM dinyatakan pailit dan membuat produksi mobil Mitra dihentikan. Selama 4 tahun, kendaraan niaga murah tersebut diproduksi kurang dari 900 unit.

3 dari 4 Halaman

Vauxhall Morina

Mobil Morina (Facebook/Ifan Novist)

Mobil Rakyat Indonesia atau yang disingkat Morina adalah nama sebuah mobil dari brand Vauxhall. Kendaraan niaga ini juga merupakan bagian dari program KBNS yang diluncurkan pada tahun 1976.

Mobil Morina awalnya diperkenalkan oleh PT. Garmak Motor selaku pemegang merek Generasl Motor (GM) di Indonesia. Kemudian perusahaan tersebut menunjuk PT. Garuda Diesel sebagai distributor resmi Vauxhall Morina.

Perlu diketahui juga, saat peluncuran Vauxhall Morina, mobil ini dibanderol dengan harga Rp1.250.000.

4 dari 4 Halaman

Toyota Kijang

Otosia.com

Terakhir adalah Toyota Kijang yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 1977. Mobil ini sendiri merupakan pengembangan dari Toyota Tamawaw yang sudah ada di Filipina.

Selain itu, mobil pikap ini di Tanah Air dijuluki sebagai Kijang Buaya. Hal tersebut lantaran desain kap mesin yang sampai ke samping bodi dan ketika dibuka mirip dengan mulut buaya yang terbuka lebar.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami