Membandingkan Mesin 1.5 Livina dengan Rival Sekelasnya

Kabarnya Nissan Livina akan memiliki generasi baru dalam waktu dekat. Lantas, bagaimana dengan kemampuan mesinnya?

Kamis, 10 Januari 2019 19:45
Gambar New Livina sudah bisa dipesan beredar luas di media sosial dan juga grup aplikasi percakapan elektronik. (Liputan6.com/ Istimewa)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Ikbal

Otosia.com - Persaingan kelas LMPV di Indonesia terus menarik beberapa tahun belakangan ini. Hal itu tak terlepas dari tingginya minat masyarakat untuk memiliki mobil jenis tersebut.

Pada tahun 2019 ini, persaingan tersebut langsung dimulai di awal tahun dengan kemunculan foto-foto bocoran dari New Toyota Avanza dan New Veloz serta New Daihatsu Xenia yang akan diluncurkan pada pekan depan.

Selain dua mobil LMPV tersebut, foto-foto dari Nissan Livina 2019 juga beredar luas di media sosial. Mobil ini kabarnya akan dirilis pada 28 Februari 2019 mendatang.

Nissan Grand Livina

Menurut salah satu tenaga penjual Nissan di kawasan Jakarta, Nissan Livina 2019 memiliki beberapa perubahan, salah satunya yaitu basis mobil yang digunakan. Pada Livina 2019 ini, pihak Nissan menggunakan basis dari Mitsubishi Xpander.

Dengan menggunakan basis Xpander menurut mereka dapat membuat mobil ini menjadi lebih tinggi dan memiliki kabin yang lapang. Namun untuk urusan mesin, Nissan masih akan menggunakan mesin buatannya sendiri dibanding milik Mitsubishi Xpander.

Mesin yang akan digunakan Nissan Livina 2019 akan sama dengan generasi sebelumnya, 4 silinder inline 1.498cc DOHC Twin VTC. Dapur pacu berbahan bakar bensin ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS serta memiliki torsi 14.6 kgm.

Mitsubishi Xpander

Sayangnya, masih belum ada kepastian mengenai jenis transmisi yang akan digunakan oleh Livina 2019. Namun, jika berkaca dari model lamanya, terdapat dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan serta automatic CVT.

Selain itu, belum diketahui apa alasan Nissan tidak menggunakan mesin dari Xpander juga di Livina 2019 nya.

Namun, mari kita bandingkan dengan mesin Xpander. Xpander menggunakan mesin bensin MIVEC berkapasitas 1.5 liter DOHC yang menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dengan torsi 141 Nm. Dapur pacu tersebut tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan automatic 4 percepatan.

Toyota Veloz

Jika membahas spesifikasi mesin dari para peserta kelas LMPV, rasanya kurang afdol jika tidak membahas mesin dari New Toyota Veloz.

New Toyota Veloz dibekali mesin bensin berkapasitas 1.496cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i. Jantung penggerak ini menghasilkan tenaga sebesar 104 PSdan torsi 13.9 kgm. Mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan automatic 4 percepatan.

Jika kita bandingkan tenaga mesin dari ketiga petarung di kelas LMPV tersebut, Nissan Livina memang sedikit lebih unggul dari rival-rivalnya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 

 

 

(kpl/ikb/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami