Membandingkan Honda City Hatchback dan Sedan, Mana yang Lebih Oke?

Honda City dijual sebagai hatchback dan sedan. Apa saja bedanya?

Kamis, 26 Agustus 2021 21:15
Membandingkan Honda City Hatchback dan Sedan, Mana yang Lebih Oke? Honda City hatchback RS dan Honda City (Honda)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Pada awal 2021 PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis Honda City hatchback RS. Model ini menambah pilihan bagi konsumen selain tipe Honda City sedan.

Dari desain bodi tentu keduanya berbeda. Honda City hatchback RS lebih terlihat modern dan dinamis berkat pelek sporti berwarna hitam, lampu depan, belakang, dan Lampu kabut LED. Tidak ada aksen-aksen berwarna krom serta desain yang lebih fresh dari Honda. 

1 dari 3 Halaman

Sementara Honda City sedan terlihat lebih sederhana dibandingkan versi hatchback-nya. Wajar karena sedan tersebut mendapatkan penyegaran terakhir di tahun 2017. Meski demikian lampu depannya sudah LED dan pelek bawaan berwarna dual tone.

Desain kabin kedua mobil pun berbeda. Interior Honda City hatchback RS lebih 'berjiwa muda' dengan banyaknya aksen-aksen merah di dasbor, panel AC baru, head unit canggih, speedometer baru, serta bentuk keselurhan yang lebih sporti.

2 dari 3 Halaman

(Atas) Honda City hatchback RS (Bawah) Honda City sedan (Honda)

Di dalam kabin Honda City sedan terkesan kurang kekinian, mirip Jazz.  Fitur-fitur di dalamnya cukup memumpuni seperti panel AC digital, MID multi fungsi, serta cruise control, namun dengan head unit menonjol dan dasbor kurang canggih. Di sinilah kesan lawas itu muncul.

Perangkat keselamatan Honda City hatchback RS sedikit lebih lengkap dengan adanya 6 airbags. Tetapi fitur seperti Vehicle Stability Assist (VSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan Hill Start Assist (HSA) juga tersedia pada Honda City sedan.

3 dari 3 Halaman

Dapur pacu Honda City hatchback RS sekilas terlihat sama dengan versi sedannya. Namun teknologi DOHC pada jantung pacu 1.500cc bawaannya mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS.

Sedangkan mesin 1.500cc SOHC pada Honda City sedan menyemburkan tenaga 120 PS. Torsi kedua mesin sama, yakni 145 Nm.

Untuk harga, Honda City hatchback RS dibanderol mulai dari Rp 289 juta, sedangkan Honda City sedan diberi harga Rp 352.6 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami