Membandingkan Calon Suzuki Ertiga Crossover vs Mitsubishi Xpander Cross

Suzuki Ertiga Crossover alias Suzuki XL7 2020 yang dikabarkan tak lama lagi meluncur disebut akan menjadi pesaing Mitsubishi Xpander Cross.

Sabtu, 18 Januari 2020 16:15
Membandingkan Calon Suzuki Ertiga Crossover vs Mitsubishi Xpander Cross Suzuki XL6 2019 vs Mitsubishi Xpander Cross 2019 (Carwale.com/Otosia.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Suzuki Indonesia gencar dikabarkan akan memboyong Ertiga Crossover ke Tanah Air. Mobil LSUV itu akan diberi nama Suzuki XL7 2020. Versi crossover dari Suzuki Ertiga itu sebelumnya sudah meluncur di tanah Hindustan pada 21 Agustus 2019 lalu dengan nama Suzuki XL6.

Kabar dari sumber Suzuki Indonesia yang dihubungi Otosia.com menyebutkan bahwa Suzuki XL7 2020 akan dirilis pada 15 Februari 2020. Ertiga versi crossover itu juga akan bersaing dengan Mitsubishi Xpander Cross yang sudah mengaspal lebih dulu, termasuk soal harga.

Itu artinya, konsumen Indonesia akan semakin memiliki banyak pilihan untuk mobil di segmen LSUV. Disebut memiliki harga yang tidak jauh berbeda, mari kita coba melihat spesifikasi masing-masing kendaraan. Sebagai informasi, acuan Ertiga crossover saat ini adalah versi India yakni Suzuki XL6 2019.

 

1 dari 5 Halaman

Harga

Harga

Menurut laman Mitsubishi Motors Indonesia, Mitsubishi Xpander Cross saat ini dibandrol mulai harga Rp 272,2 juta untuk tipe paling standar dengan transmisi manual. Sementara tipe paling tinggid dengan transmisi otomatis dibandrol Rp 291,7 juta. Harga tersebut berstatus on the road DKI Jakarta.

Sedangkan harga calon Suzuki Ertiga Crossover disebut akan berkisar Rp 270 jutaan. Sumber yang berbicara kepada Otosia.com mengatakan bahwa harga XL7 2020 itu tidak akan berbeda jauh.

Suzuki XL6 2019 versi India (Zigwheels.com)

2 dari 5 Halaman

Eksterior

Secara dimensi, Mitsubishi Xpander Cross memiliki ukuran panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Suzuki XL6 yang mungkin akan menjadi XL7 di Tanah Air itu memiliki ukuran panjang 4.445 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.700 mm.

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross 2019 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Tampang Mitsubishi Xpander Cross sangat khas Mitsubishi dengan bahasa desain Dynamic Shield seperti Xpander MPV dan Pajero Sport. Semua sistem pencahayaan Xpander Cross LED, terdiri dari front headlamp, position headlamp, fog lamp, dan rear combination lamp.

Mitsubishi Xpander Cross diklaim memiliki ground clearance setinggi 225 mm dan menggunakan suspensi khusus dengan rebound spring. Suspensi bagian depan Xpander Cross menggunakan McPherson Strut with Coil Spring dan Torsion Beam di belakang.

Pada bagian kaki-kaki, Xpander Cross punya new design 17-inch alloy, yang dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty. Pada bagian atap juga disematkan roof rail yang semakin menunjang aktifitas petualangan penggunanya.

Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper.

Suzuki XL6 2019

Suzuki XL6 2019 versi India (Zigwheels.com)

Tampilan Suzuki XL6 lebih tajam, dengan desain lampu LED quad-chamber baru, gril horizontal heksagonal yang menghubungkan kedua lampu depan, dan emblem Suzuki yang diposisikan ditengahnya.

Tampilan mencolok XL6 juga karena daytime running light LED, velg 15-inci, emblem XL6 di pintu belakang, dan skid plate belakang. Sedangkan over fender diberi plastik hitam, melengkapi skid plate di depan dan belakang. Ada tambahan roof rail, yang menguatkan kesan crossover pada XL6.

3 dari 5 Halaman

Interior

Interior

Jika Mitusbishi Xpander Cross berkapasitas 7-penumpang, maka Suzuki XL6 berkapasita 6-penumpang sesuai namanya. Suzuki XL6 memiliki konfigurasi 2+2+2 dengan kursi baris kedua memakai captain-seat.

Mitsubishi Xpander Cross dibekali dengan setir yang dibalut kulit dengan fitur hands free switch, tilt & telescopic steering, high grade fabric seat, 2DIN touchscreen audio dengan layar 7-inci, power outlet di baris depan, tengah, dan belakang, rear parking camera, dan sensor parkir.

Suzuki XL6 2019 versi India (Zigwheels.com)

Sementara itu, Suzuki Ertiga Crossover versi India itu dibekali dengan interior yang didominasi warna hitam dan dipadukan dengan warna beige. Dasbornya berwarna hitam dengan trim kayu gelap dan aksen gelap. Kursinya dibalut dengan kulit berwarna hitam, semeentara trim setir perak, dan sistem infotainment SmartPlay berlayar sentuh 7 inci.

4 dari 5 Halaman

Fitur Keselamatan

Mitsubishi Xpander Cross dibekali dengan Reinforce Impact Safety Evolution (RISE) body, ABS & EBD, Emergency stop signal, Hill start assist, active stability control, dual SRS airbag, cruise control, traction control, brake assist, seatbelt pretensioner, ISO-FIX child anchor untuk baris kedua, keyless operation system, dan Immobilizer dengan alarm keamanan.

Sedangkan Suzuki XL6 dibekali fitur tak berbeda jauh dengan Suzuki Ertiga versi MPV. Ada dual SRS airbag, rem ABS+EBD, sensor parkir belakang, rear parking camera, ISO-FIX, electronic stability program, dan hill hold control, serta cruise control.

5 dari 5 Halaman

Mesin

Mesin

Mitsubishi Xpander Cross dibekali mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve bertenaga 105 hp dan torsi 141 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.

Suzuki XL6 2019 versi India (Carwale.com)

Sedangkan Suzuki XL6 atau Suzuki Ertiga crossover versi India dibekali mesin tak jauh berbeda dengan versi MPV. Masih memakai mesin K15B 4-silinder 1.5L bertenaga 103 hp dan torsi puncak 138 Nm. Selain itu juga ada pilihan mesin mild-hybrud SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Tenaga mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Mesin Suzuki XL6 itu dibekali degnan integrated starter generator (ISG) untuk menhemat konsumsi BBM.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami