Memanasnya Perang MPV, Siapa Terunggul?

Belakangan ini pertempuran di segmen MPV B semakin memanas! Dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sempat goyah, sejak hadirnya Suzuki Ertiga setahun yang lalu.

Minggu, 12 Mei 2013 08:15
Deretan segmen MPV B Indonesia
Editor : Albert

Otosia.com - Belakangan ini pertempuran di segmen MPV B semakin memanas! Dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sempat goyah, sejak hadirnya Suzuki Ertiga setahun yang lalu.

Bahkan, dengan hasil penjualannya yang fenomenal, Ertiga berhasil mempecundangi Xenia di pasar mobil keluarga tersebut. Dan merebut posisi kedua di segmen MPV B pasar otomotif Tanah Air.

Dengan strategi 'Ertiga Excitest Drive', Ertiga sukses membentuk opini masyarakat tentang MPV modern. Dalam kekuatan jargon lega, nyaman, irit dan muat 7 penumpang. Kemunculannya sejak setahun lalu, selalu ditunggu semua orang hingga sekarang.

Suzuki Ertiga Indonesia

Ertiga menjadi mobil keluarga paling ideal saat ini. Terutama fasilitasnya yang lengkap dan berharga Rp 180 juta (tipe paling lengkap). kenyamanannya seperti sedan dan bisa muat sampai 7 penumpang.

Interior Chevy Spin

Kesuksesan ini pun membuat agen pemegang merek (APM) lainnya iri. Mereka berlomba ingin produk MPV-nya meraih sukses seperti Ertiga. Dimulai dari PT General Motors (GM) Indonesia yang meluncurkan produk sejenis Ertiga, yaitu Chevrolet Spin.

Semua fasilitas di Suzuki Ertiga ada pada Chevrolet Spin. Namun Spin lebih unggul karena memiliki varian dengan mesin 1.2L bensin dan 1.3L bermesin diesel. Spin hadir dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. GM Indonesia mengklaim bahwa Chevrolet Spin juga memiliki interior yang luas dengan memiliki 23 konfigurasi kursi.

Chevy Spin

Bahkan, pabrik GM Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi telah siap memproduksi 40 ribu unit Spin yang tak hanya dijual di Indonesia, juga akan didistribusikan ke Thailand dan Filipina. Untuk kelancaran produksi Spin, GM Internasional telah mengucurkan dana untuk fasilitas pabrik di Bekasi tersebut.

Melihat kesuksesan Ertiga, produsen Mazda pun mencoba menggandeng Suzuki untuk mengkloning Ertiga menjadi Mazda VX-1, yang diluncurkan hari ini, 11 Mei 2013 di Jakarta, bersamaan dengan acara 'Otobursa Tumplek Blek'.

Peluncuran VX-1 merupakan bagian dari strategi PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk meningkatkan kehadirannya di kelas MPV. Mazda memposisikan VX-1 untuk membidik kalangan profesional muda, generasi muda dan keluarga Indonesia.

Mazda VX-1

Mazda mengklaim, dengan design interior yang mewah dan eksterior yang sporty serta aerodinamis, All-New Mazda VX-1 dapat menjadi kendaraan yang siap menemani setiap petualangan dengan penuh gaya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun tak tinggal diam. Sebagai APM yang pernah berduet dan memimpin pasar MPV di Tanah Air, melalui Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini mulai menyempurnakan produknya.

Meski hanya sekedar facelift, TAM dan ADM menambah fitur keamanan serta keselamatan pengemudi dan penumpangnya, yakni dual airbag di bagian depan duo produk kembar tersebut. Rencananya, Avanza-Xenia facelift akan diluncurkan di hari yang sama, yakni Rabu, 15 Mei 2013 mendatang.

All New Toyota Avanza

Penambahan airbag ini semakin menguatkan aspek safety Avanza sebagai mobil sejuta umat, dimana sebelumnya sudah dilakukan penambahan berupa teknologi rem ABS. Diperkirakan dengan fitur barunya, harga jual Avanza naik sekitar Rp 3 jutaan.

Sementara di Xenia baru, Daihatsu bakal menyematkan airbag dan rem ABS (anti-lock braking system). Daihatsu Xenia sendiri hingga produk terbaru untuk All-New Xenia sudah menyematkan fitur-fitur keselamatan standar seperti sabuk keselamatan di kursi baris depan dan baris kedua. Kemudian head rest di tiap baris kursi, dan mengusung konsep TAF body yang berfungsi menyerap getaran lebih saat terjadi kecelakaan.

All New Daihatsu Xenia

Takut konsumennya beralih ke MPV lain, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun belum lama ini telah memperkenalkan dan mengajak para wartawan untuk menjajal varian Ertiga bertransmisi otomatis.

Transmisi Matic

"Kehadiran Ertiga Matic ini untuk melengkapi varian Ertiga yang sudah ada. Serta memberikan kenyamanan pengemudi beserta keluarga ketika menghadapi kemacetan di jalan," ujar Davy Tuilan, 4W Marketing & DND Director SIS.

Jadi siapa yang terunggul menurut pendapat Anda?

(kpl/tr/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami