Mekanik Cewek Yamaha Impikan Pegang Tim Balap

Di Sulawesi Selatan Barat, salah satu bengkel Yamaha bahkan punya mekanik perempuan. Namanya Wismaeni Darsal atau biasa disapa Eni.

Senin, 07 Maret 2016 21:30
Foto: Nazar
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Makassar di wilayah Sulawesi Selatan Barat tidak hanya unik karena menjadi wilayah yang paling laris untuk sepeda motor Fino yang bergaya retro dan digandrungi kaum perempuan.

Pasalnya, salah satu bengkel Yamaha bahkan punya mekanik perempuan. Namanya Wismaeni Darsal atau biasa disapa Eni.

Memang, Eni masih berstatus magang di tempat Servis Yamaha di PT Suracpjaya Abadimotor. Namun, kata supervisornya, Eni sudah bisa urus injeksi via komputer.

"Karena apa, ya. Ya ingin tampil beda bahwa perempuan di dunia ini (otomotif) juga bisa," ujar siswi lulusan jurusan teknik sepeda motor SMKN 1 Papalan, Mamuju, ini dalam logat khas Makassar.

Beres urusan di bengkel, ia pun kadang dimintai tolong oleh tetangga. Eni masih mau turun tangan jika perawatan yang diminta bersifat ringan.

"Kalau sudah berat, saya anjurkan ke bengkel saja. Karena kalau servis berat atau perbaikan berat butuh tools yang komplet dan memadai, apalagi yang sudah berteknologi injeksi," ujarnya,

Perempuan yang sudah magang 6 bulan ini pun diakui sebagai mekanik wanita pertama di tempat servis itu untuk kawasan Sulawesi Selatan Barat. Untuk wilayah ini pun, mekanik perempuan baru dirinya, setelah 16 angkatan magang.

Berawal dari sang kakak yang sekolah jurusan otomotif mobil, Eni pun tertular minat yang sama, dan kini setidaknya dalam sehari harus ikut standar servis 7 motor dalam sehari.

"Saya ingin sekali jadi mekanik tim balap profesional. Tidak usah mekanik level MotoGP, tetapi bagi saya jadi mekanik perempuan tim balap di level balap Asia sudah cukup," ujarnya membeberkan impiannya.

Eni ternyata sudah mengasah kemampuannya dari sekarang. Memulainya, kata Eni, haruslah dari tim-tim yang kecil atau tim lokal, dan berharap nanti meningkat ke skala nasional dan Asia.

"Kalau level MotoGP itu tidak mudah dan sangat jauh. Jadi level Asia saja, saya mau belajar dari sekarang. Karena sekarang pebalap wanita di Indonesia sudah mulai banyak. Yang belum ada mekanik balap wanita, itu mungkin masih tidak ada di sini," ujarnya menakar potensi ke depan.

News Yamaha Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami