Mercedes Benz 'Terdepak' dari Gaikindo

Mercedes Benz Indonesia resmi dihentikan keanggotaannya dalam Gaikindo. Hal ini dilakukan setelah perusahaan Jerman tersebut mangkir untuk menyerahkan data penjualan.

Sabtu, 17 Februari 2018 11:26
Ilustrasi : mercedes-benz.co.id
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu brand mobil ternama asal Jerman, Mercedes Benz, resmi diberhentikan keanggotaannya dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hal ini ditandai dengan surat pemberhentian resmi yang dilayangkan oleh Gaikindo pada Kamis, 15 Februari 2018.

Kenaggotaan Mercy diberhentikan lantaran mereka tak lagi memberikan data penjualan produknya sejak April 2017 lalu. Hal ini bertentangan dengan aturan Gaikindo yang mewajibkan anggotanya untuk menyerahkan data tersebut setiap bulan.

Pihak PT Mercedez Bens Distribution Indonesia mengaku bahwa tindakan itu adalah perintah dari Daimler pusat di Jerman. Presiden dan CEO PT MBDI, Roelof Lamberts, menjelaskan bahwa data penjualan secara detail tidak doperkenankan untuk dipublikasikan.

Pihak Daimler menyatakan bahwa data wholesales adalah rahasia perusahaan sehingga tidak dapat dilihat oleh umum. Roelof menjelaskan bahwa penyerahan data akan dilakukan apabila yang meminta adalah pemerintah, sedangkan Gaikindo hanyalah organisasi.

Roelof menambahkan bahwa sebenarnya PT MBDI tidak pernah absen dalam menyerahkan data perusahaannya kepada Gaikindo, sayangnya tidak sesuai dengan tingkat rincian dan level yang diminta. Meskipun begitu, mereka juga tetap membuka data penjualan kepada Kementeran Keuangan sebagai lembaga pemerintahan.

Sikap Mercedes Benz ini sudah pernah dilakukan pada tahun 2012, namun dapat diselesaikan. Penyerahan data penjualan kepada Gaikindo bukan semata-mata keinginan organisasi tersebut, tetapi merupakan mandat yang dimuat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 tahun 2013.
Dari jumlah keseluruhan 42 anggota, hanya perusahaan otomotif dari Jerman ini yang menolak aturan tersebut.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami