Mazda MX-5, Sang Legenda Bangkit dari 'Kubur'

Mazda MX-5, sempat lama tak terdengar nasibnya, kabar menyebutkan bahwa mobil ini akan masuk ke Indonesia. Tapi kapan ya?

Kamis, 08 Oktober 2015 12:15
Mazda MX-5, Sang Legenda Bangkit dari 'Kubur' Mazda MX-5 2016 (foto: Top Speed)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mazda MX-5 atau yang dahulunya sering disebut sebagai Mazda Miata dalam beberapa kesempatan telah menampilkan batang hidungnya kepada masyarakat. Pertanda bahwa Mazda MX-5 yang dirilis sebagai generasi terbaru seri MX-5 akan menawarkan 'taste' yang baru.

Mazda MX-5 yang satu ini merupakan garis generasi yang ke-empat saat ditarik ke-atas dari merk Mazda. Namun Mazda Mx-5 masih belum memiliki skedul yang jelas apakah segera masuk ke Indonesia atau tidak, namun kehadiran roadster ternama Mazda ini patut untuk ditunggu.

Mobil yang terakhir masuk Indonesia pada tahun 1990 ini mendapatkan banyak sekali improvisasi pada beberapa sisi, yang paling kentara adalah bagaimana penampilan Mazda MX-5 ini memiliki penampilan dan headlamp beserta gril yang sangat identik dengan Mazda.

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Eksterior

Kesan pertama pada penampilan mobil ini sungguh menyenangkan. Terutama bagaimana saat mobil ini pertama kali di First Drive pada Mine Proving Ground, yakni sebuah proving ground di Jepang yang menjadi venue uji coba Mazda MX-5.

Dari luar saja sudah terlihat 'evolusi' besar-besaran diberikan pada Mazda MX-5. Headlamp yang sempat menjadi ikon berupa pop-up lamp seperti pada milik Mazda Astina, kali ini dihilangkan dan mendapatkan headlamp yang 'sinis' dan terlihat agresif.

Kecil, simple dan mobil roadster yang satu ini juga membawa gril 'senyum' seperti yang familiar di Mazda 2 yang sudah lebih dulu dirilis. Pergeseran yang agak tidak terlihat juga ada pada spion yang sedikit 'ditarik' ke belakang dan jadi satu dengan pintu mobil.

2 dari 6 Halaman

Interior

Interior

Tak terlalu banyak hal yang bisa terlihat dan dibahas masalah interior mobil, lantaran Mazda MX-5 memang tidak diciptakan seperti Toyota Alphard yang luas dan memungkinkan detail-detail jadi prioritas. Perbedaan versi Asia dan Eropa pun hanya terletak pada ukuran mesin dan letak setir.

Namun Mazda tak begitu saja meninggalkan Mazda MX-5 begitu saja, karena mobil ini diberikan revisi sektor kabin yang jauh lebih baik. Posisi mengemudi jadi lebih luas daripada Mazda MX-5 generasi sebelumnya. Pun ditambah dengan improvisasi jok yang menggunakan bahan leather.

Mazda MX-5 roadster ini terlihat elegan terutama pada bagian dashboard. Ada satu panel monitor yang bisa menampilkan status terbaru dari mobil. Transmisi manual yang bermodalkan 6-percepatan terlihat proporsional di samping kiri pengemudi.

3 dari 6 Halaman

Dimensi

Dimensi

Mazda MX-5 tertampil sebagai mobil roadster. Kecil memang, tapi rasa luas dan lapang pada mobil ini jadi senjata andalan, didukung dengan penampang sasis yang pas untuk mobil ukuran dua orang saja membuatnya jadi sangat pas dan tidak berlebihan.

Mobil ini dibentuk dengan dimensi 3.915 x 1.735 x 1.235 pada skala milimeter. Memang sangat kecil untuk ukuran mobil normal, dan hanya berselisih sedikit saja dengan Daihatsu Copen yang baru saja rilis tahun ini, dengah wheelbase 2.310 dalam skala milimeter.

Mobil ini memiliki bobot hingga 1.010 kg. Sempat ada rasa khawatir masalah downforce, tapi ternyata bentuk aerodinamis yang baik bentukan Mazda, membuat Miata yang satu ini tidak limbung sekalipun bobotnya terhitung ringan dan memiliki ground clearance 140 mm.

4 dari 6 Halaman

Mesin

Mesin

Dua versi mesin tersedia, yakni 2 Liter untuk versi Eropa, dan 1,5 untuk versi Asia, yang salah satunya diproyeksikan untuk bisa masuk pasar Indonesia. sayangnya adalah bahwa mobil ini bukanlah mobil yang punya mesin meraung-raung dengan tenaga yang ekstra berlimpah.

 

Namun meskipun begitu, mesin 1.5 Liternya masih berpotensi melonjak gesit pada RPM tinggi, karena daya kuda-nya juga lumayan, mencapai angka 131 hp. Masih dengan senjata utama SKYACTIV, dikabarkan tangki 40 liternya akan diolah dengan mesin yang diklaim memiliki rasio konsumsi BBM hingga 17 km/liter dalam kondisi stop and go.

5 dari 6 Halaman

Fitur

Fitur

Karena mobil ini sport yang tidak terlalu mengutamakan fitur, jadi agak bisa dipahami tak ada yang cukup ekstrim pada sisi fitur. Namun bukan berarti tidak ada yang menggiurkan sama sekali. Dari luar saja terlihat rooftop yang bisa dibuka tutup sudah jadi penggoda iman.

Fun to Drive dari mobil ini juga tetap terjaga, apalagi dengan handling yang responsif sekalipun terasa agak keras di beberapa sisi, namun mobil ini tetap menjanjikan karisma yang kental sebagai mobil sport yang andal.

Panel di sebelah persneling juga menjadi fitur plus mobil ini, mempermudah pengemudi mengubah kondisi dan kenyamanan mobil. Plus yang paling utama adalah tampilan monitor touch screen pada dashboard jadi perhiasan utama mobil yang terkenal sangat lincah.

6 dari 6 Halaman

Harga

Harga

Sekali lagi Mazda Motor Indonesia memang belum mengumumkan apakah Mazda MX-5 akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat, namun dikabarkan daftar pasar mobil ini salah satunya adalah Indonesia dan dikisarkan pada harga sekitar Rp 700 jutaan.

 

(kpl/fjr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami