Mau Touring Lintas Negara, Bikin SIM Internasional

Salah satu syarat yang dibutuhkan adalah surat izin mengemudi internasional atau SIM internasional. Bagaimana cara mengurusnya?

Jum'at, 21 Oktober 2016 13:15
Touring (foto: YRKI)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Para pehobi otomotif adakalanya punya mimpi untuk mengadakan touring antar-negara. Sudah banyak pula klub atau bahkan pengendara perorangan yang melakukan jalan jauh semacam ini.

Salah satu informasinya bisa dinukil dari klub Yamaha RX King Indonesia (YRKI) yang beberapa waktu lalu bahkan menjajal tol di Malaysia dan sampai menembus Thailand.

Langkah pertama adalah mendatangi Markas Besar Korlantas Polri di Jalan MT Haryono untuk membuat SIM internasional yang memang sesuai peraturan internasional untuk mengendari kendaraan, dalam hal ini sepeda motor, di suatu negara.

Persyaratan yang harus dilengkapi adalah fotokopi SIM C, KTP, dan paspor yang masih berlaku serta foto berwarna 4 x 6 sebanyak 4 Lembar.

Untuk sepeda motor, misalnya, ada biaya yang perlu dikeluarkan, yakni sebesar Rp 250.000.

Aturan lain yang mesti dipenuhi ketika melakukan touring lintas negara adalah menembus kantor gerbang perbatasan (border). Misalnya, ketika tim YRKI akhirnya di Kedah yang merupakan perbatasan Malaysia dan Thailand , 2 km sebelum masuk border, tim GTB dan RMB membuat Insurans Thailand (asuransi) dengan biaya RM 33.

Di luar itu, semua administrasi disiapkan, dari paspor, SIM internasional, STNK, dan BPKB. Jangan lupa pula untuk tukar uang di money changer ketika pindah negara.

Satu hal penting lainnya, perjalanan menembus negara akan lebih mudah jika sudah bekerja sama dengan anggota klub setempat atau punya rekanan.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/why/fjr)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami