Mau Pergi ke Luar Negeri, Begini Cara Buat SIM Internasional

Bagi yang mau mengurus, ternyata cukup mudah bahkan tidak serumit membuat SIM reguler.

Senin, 20 November 2017 17:30
Ilustrasi SIM (merdeka.com)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Banyak orang Indonesia bepergian ke luar negeri. Ada yang sekadar melancong. Kemudian ada juga yang tugas, adapula yang sekolah di luar negeri. Kadang di antara mereka yang ingin mengendarai kendaraan di negeri orang. Namun, tentunya butuh SIM khusus karena yang biasa digunakan di Indonesia tak bisa digunakan di luar negeri.

Untuk mengatasinya, bisa dengan membuat SIM internasional. Lantas apa saja persyaratan yang diperlukan untuk buat SIM internasional itu. Hal ini sudah tertera dalam Peraturan Kepala Polisi No. 9 Tahun 2012, dalam pasal 51 ayat 1 disebutkan penerbitan SIM Internasional bisa diajukan ke Satpas Korlantas atau Polda.

Kemudian di Jakarta sendiri yang sering didatangi untuk membuat SIM internasional, berada di kantor Korp Lalu Lintas Polri Bidang Regident Subbid Pegemudi bagian SIM Internasional. Alamatnya ada di Jalan Letjen MT Haryono, Kav 37-38, Jakarta Timur.

Bagi yang mau mengurus, ternyata cukup mudah bahkan tidak serumit membuat SIM reguler. Untuk yang ingin membuat SIM internasional ini tidak perlu lagi menjalani pengetesan teori atau praktik baik menggunkan kendaraan atau simolator, cukup membawa berkas kelengkapan yang diperlukan.

Proses pengerjaannya sangat singat, tidak pelu menunggu berjam-jam karena normalnya hanya dalam hitungan menit. Biasanya kalau semua berkas sudah lengkap, 15 menit selesai. Tetapi tentunya tergantung ramai atau tidaknya pembuat SIM.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan atau kelengkapan untuk mengurus SIM Internasional, yaitu:

1. Asli dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP merupakan dokumen yang menunjukkan bahwa warga negara Indonesia sudah lebih dari 17 tahun. Dokumen ini sangat dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari. KTP ini diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat.

2. Asli dan Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM) Nasional

SIM Nasional, adalah dokumen yang merupakan bukti bahwa kamu sudah diizinkan untuk mengemudikan mobil secara legal di Indonesia. SIM diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Kepolisian Daerah setempat.

3. Asli dan Fotokopi Paspor

Paspor, adalah dokumen yang dibutuhkan untuk bepergian ke luar negeri, juga sebagai tanda bahwa kamu adalah warga negara Indonesia. Untuk Indonesia, paspor ini berwarna hijau.

4. Pas Foto Berwarna Terbaru

Pas foto yang dimaksud di sini, adalah pas foto berukuran 4×6 sebanyak 4 (empat) lembar dengan latar belakang foto berawarna biru. Biru saja, bukan biru aquamarine, cyan, ataupun turqoise.

Untuk pria, foto diharuskan menggunakan dasi sementara untuk wanita, foto diharuskan menggunakan blazer (sejenis pakaian seperti jas).

5. Meterai Rp6.000,-

Meterai, pada umumnya adalah benda tempel seperti perangko yang digunakan untuk memenuhi kewajiban pembayaran bea meterai sesuai dengan Undang-undang No.13 tahun 1985 tertanggal 27 Desember 1985 tentang Bea Meterai.

6. Uang Rp250.000,-

Berdasarkan PP Nomor 50 Tahun 2010, biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan SIM Internasional ini adalah berjumlah Rp250.000,- yang harus dalam mata uang rupiah.

Apabila syarat-syarat di atas telah terpenuhi, maka proses selanjutnya adalah mengajukan pendaftaran SIM Internasional dengan cara datang langsung. Tentunya tak dapat diwakilkan.

Kemudian mengisi formulir pendaftaran, tanda tangan, foto, juga memberikan sampel sidik jari untuk database Polri, ke Mabes Korlantas Polri, Jalan MT Haryono Kavling 37-38, Jakarta 12770.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/mat)
TAGS :
SIM
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami