Mau Ngebut Sembarangan? Ada Baiknya Pikir-pikir Dulu, Ya!

Sebuah akun di jejaring sosial FB memperlihatkan amunisi terbaru satuan polisi lalu lintas Tanah Air untuk 'menjerat' para pengebut di jalanan umum.

Kamis, 17 Maret 2016 14:45
Foto: PT Lintas Marga Sedaya & FB Autochem Industry
Editor : Albert

Otosia.com - Sebuah akun di jejaring sosial FB memperlihatkan amunisi terbaru satuan polisi lalu lintas Tanah Air untuk 'menjerat' para pengebut di jalanan umum.

Speed gun merupakan sebuah alat digital canggih di mana hanya dengan menyorotkannya kepada obyek benda bergerak saja maka akan ketahuan seberapa laju benda tersebut.

Dunia lalu lintas di luar negeri sudah cukup lama menerapkan aturan batas kecepatan maksimal laju kendaraan dan sudah mengandalkan alat serupa pistol ini. Penerapan alat ini di Indonesia terbilang masih sangat terbatas, beberapa terlihat digunakan di Tol Cipali.

Di Tanah Air sendiri peraturan tentang pembatasan kecepatan laju kendaraan sudah tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Di dalamnya disebut batas kecepatan ditentukan berdasarkan kawasan permukiman, perkotaan, jalan antarkota, dan bebas hambatan.

Foto: PT Lintas Marga Sedaya

Penetapan Batas kecepatan ditetapkan secara nasional dan dinyatakan dengan rambu lalu lintas, yaitu, paling rendah 60 (enam puluh) kilometer per jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) kilometer per jam untuk jalan bebas hambatan, paling tinggi 80 (delapan puluh) kilometer per jam untuk jalan antar kota, paling tinggi 50 (lima puluh) kilometer per jam untuk kawasan perkotaan; dan paling tinggi 30 (tiga puluh) kilometer per jam untuk kawasan pemukiman.

Nah, bagi para pelanggarnya akan dikenakan sanksi, salah satunya  akan dikenakan ancaman dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Pelanggaran Lalu Lintas Terpopuler!

(kpl/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami