Masih Layakkah Yamaha Byson FI di 2020?

Apakah Yamaha Byson FI masih layak untuk dipinang di pertengahan 2020 ini?

Kamis, 14 Mei 2020 08:15
Masih Layakkah Yamaha Byson FI di 2020? Yamaha Byson FI (Yamaha)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Usia Yamaha Byson FI di Indonesia terbilang sudah cukup tua. Generasi kedua dari naked-bike berbadan gambot ini dirilis pada 2015, sedangkan model pertamanya hadir 10 tahun lalu.

Hanya saja, pamornya perlahan turun setelah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis Yamaha Xabre, Yamaha MT-15, Yamaha Vixion, dan terbaru ialah Yamaha XSR 155.

Yamaha Byson FI pun menjadi naked-bike 150 cc termurah yang dijual saat ini. Berdasarkan situs resmi PT YIMM, motor tersebut dibanderol Rp22,95 juta (OTR Jakarta). Lantas, masih layakkah Yamaha Byson FI di 2020 ini?

1 dari 4 Halaman

Mengenai desain kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas, Yamaha Byson FI hadir dengan konsep naked-bike gambot. Cover tangkinya tampak besar dan dipadu jok split-seat serta taillight yang menggantung.

Kaki-kakinya juga mendukung aura gambot pada motor ini. Yamaha Byson FI dibekali suspensi depan teleskopik 41 mm dan dipadu ban 110/80-17. Sedangkan sektor belakangnya ditopang monoshock serta ban 130/70-17.

2 dari 4 Halaman

Terlahir sebagai naked-bike 150 cc entry-level, Yamaha Byson FI tak memiliki fitur yang terlalu banyak. Motor ini masih mengandalkan lampu-lampu bohlam dan anak kunci konvensional. Roda belakangnya pun dikawal rem tromol dan belum menggunakan disc-brake.

Meski demikian, Yamaha Byson FI telah dibekali dengan instrumen panel full-digital. Setangnya pun dibuat lebar untuk menambah kenyamanan berkendara.

3 dari 4 Halaman

Yamaha Byson FI dibekali mesin 1-silinder 150 cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 12,9 hp dan torsi maksimumnya mencapai 12,98 Nm. Hanya saja, generasi kedua ini telah menggunakan sistem pengabutan injeksi.

Performa ini masih di bawah naked-bike 150 cc Yamaha lainnya. Sebagai perbandingan, mesin Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre menghasilkan tenaga 16 hp, sedangkan dapur pacu 155 VVA pada Yamaha XSR 155, Yamaha Vixion R, dan Yamaha MT-15 menyemburkan daya 19 hp.

4 dari 4 Halaman

Sekarang pilihan kami kembalikan ke Otolovers. Apakah spesifikasi Yamaha Byson FI masih mampu memenuhi kebutuhan penggunanya? Menurut kami, dengan harga di bawah Rp25 juta, motor ini masih layak untuk dipinang.

Desainnya pun tak terlalu kuno di tahun 2020 ini. Performa yang dihasilkan Yamaha Byson FI terbilang cukup sebagai kendaraan harian. Hanya saja, dimensinya memang cenderung besar, tapi justru terkesan gagah.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami