Masa Depan Motor KTM Ada di Tangan Pedrosa

Pengembangan sepeda motor KTM untuk MotoGP 2020 juga ada di tangan Dani Pedrosa. KTM menyebut Pedrosa sangat membantu, apalagi dengan latar belakang pengalamannya dalam balap MotoGP.

Selasa, 20 Agustus 2019 19:45
Masa Depan Motor KTM Ada di Tangan Pedrosa Test Rider Red Bull KTM, Dani Pedrosa (Crash)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Saat Johann Zarco memutuskan hengkang dari Red Bull KTM Factory Racing, manajemen KTM sempat berharap pada test rider mereka, Dani Pedrosa. Tapi mantan pembalap Repsol Honda itu menolak tawaran menggantikan Zarco.

Pedrosa berencana akan tetap pensiun dan menjadi test rider untuk saat ini. Bergabung bersama KTM sebagai test rider, Pedrosa pun membantu memperbaiki motor RC16 saat ini.

"Dia sangat membantu di sisi mesin dan elektronik, apalagi dia memiliki pengalaman lebih daripada pembalap kami saat ini dan Mika Kallio," ujar KTM MotoGP Technical Director, Sebastian Risse, dikutip dari Crash.net.

Menurutnya, tidak semua pembalap bisa meraskan apa yang pernah dilalui oleh Pedrosa. "Pengembangan sepeda motor kami untuk tahun depan juga ada di tangan Pedrosa. Kami akan mengujinya secepatnya, juga dengan pembalap GP kami," lanjut Risse.

1 dari 3 Halaman

Penuhi Kebutuhan Pol Esparago

imagePenuhi Kebutuhan Pol Esparago

Risse mengaku pihaknya kini tengah berfokus pada dua hal, untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pembalap KTM. Selain Pedrosa, Red Bull KTM juga memiliki Mika dan Pol Esparago yang terus memberikan masukan untuk pengembangan sepeda motor.

"Kami punya Pol dan memenuhi kebutuhannya. Juga ada Mika yang fokus pada cengkeraman belakang," tambahnya.

2 dari 3 Halaman

Tetap Pakai Frame Baja

imageTetap Pakai Frame Baja

KTM adalah satu-satunya motor MotoGP yang tak memakai sasis aluminium atau suspensi Ohlins. Ini disebut menjadi peluang bagi pabrikan lain dalam balap bergengsi itu.

Tapi anggapan itu dibantah oleh Risse. Menurutnya, pihaknya terus melakukan pengembangan berkelanjutan, baik detail maupun konsep untuk frame. Hanya saja hingga kini tak ada keinginan untuk memakai sasis aluminium.

"Kami sangat percaya bahwa kami bisa mencapai target kami memakai kerangka baja, baik redaman, kekakuan, atau sesuatu yang lain. Ini tentang membuat target yang tepat dan kemudian mencapainya. Itulah yang kami kerjakan," jelas Risse.

3 dari 3 Halaman

Penyesuaian Ban

imagePenyesuaian Ban

Begitu pula soal ban. Risse merasa KTM juga perlu mendapatkan ubahan spesifik yang sesuai dengan beberapa ban Michelin pada tahun 2020.

"Ban adalah area terbesar untuk dipahami ketika kami bergabung denan MotoGP. Tidak hanya bagaimana membaut ban bekerja, tetapi bagaimana menganalisisnya dengan benar, untuk membuat keputusan yang tepat," katanya.

KTM yang melakukan debut MotoGP pada akhir 2016, kini memiliki keunggulan 22 poin di atas Aprilia, pada klasemen konstruktor.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami