Marc Marquez Dikabarkan Akan Absen di MotoGP 2021, Andrea Dovizioso Jadi Pengganti

Kabar operasi ketiga yang harus dijalani Marc Marquez kembali berhembus. Bahkan pembalap Repsol Honda Team itu dikabarkan akan absen pada MotoGP 2021 dengan Andrea Dovizioso yang tengah menunggu tawaran kontrak menjadi penggantinya.

Minggu, 15 November 2020 08:15
Marc Marquez Dikabarkan Akan Absen di MotoGP 2021, Andrea Dovizioso Jadi Pengganti Marc Marquez (HRC)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Marc Marquez sudah dipastikan tak akan balapan di sisa dua seri MotoGP 2020, yakni MotoGP Valencia dan MotoGP Portugal. Hal itu seolah menjawab bahwa pemulihan pembalap Repsol Honda Team itu tak sesuai dengan ekspektasi.

Jika pemulihan itu berjalan sesuai rencana, seharusnya Marc sudah bisa kembali balapan setidaknya pada MotoGP Eropa akhir pekan lalu. Tapi sayangnya dia harus absen sepanjang musim, kecuali saat MotGP Spanyol di Jerez di mana tempat dia mendapatkan cedera serius itu.

Beberapa waktu lalu, Marc dikabarkan menjalani operasi ketiga. Tapi kabar itu dibantah HRC, bahwa pemulihan Marc berjalan sesuai seharusnya.

 

1 dari 3 Halaman

Kini kabar itu kembali mencuat, bahwa Marc harus menjalani operasi ketiga untuk menghindari risiko pseudathrosis humerus, seperti dilaporkan oleh Corsedimoto. Sementara itu, menurut laporan Polo Lanieri pada La Gazzetta dello Sport, tim manajer HRC Alberto Puig, Honda akan mengusulkan kontrak paruh waktu kepada Cal Crutchlow untuk kemungkinan pengganti Marc marquez.

Sayangnya, pembalap asal Inggris itu kini sudah resmi menjadi test rider Yamaha. Cal sudah menandatangani kontrak selama 2 tahun dengan Yamaha dengan nilai kontrak EUR 350.000 atau Rp 5,8 miliar, untuk menggantikan posisi Jorge Lorenzo.

2 dari 3 Halaman

Corsidemoto juga melaporkan tentang spekulasi yang berkembang saat ini, bahwa Marc melakukan pemeriksaan lebih menyeluruh dan konsultasi ke beberapa pihak. Seperti konsultasi dengan banyak spesialis ortopedi di Austria, mungkin di Pusat Pelatihan Red Bull di Thalgau.

Selain itu, dia disebut beralih ke Klinik Mayo Amerika Serikat. "Humerus distal secara biomekanik tertekan dalam rotasi, terlebih lagi pada pengendara sepeda motor. Eksposur bedah ganda mungkin telah memperlambat pembentukan kalus untuk penyembuhan mekanis humerus," jelas Profesor Giuseppe Porcellini.

3 dari 3 Halaman

Jika operasi ketiga dilakukan, Marc disebut butuh masa pemulihan setidaknya 6 bulan. Sementara musim MotoGP 2021 akan dimulai pada 4,5 bulan lagi.

Selama satu tahun penuh, kakak Alex Marquez itu sudah tak pernah lagi mengendarai motor RC213V lagi. Kini juga berhembus kabar bahwa Andrea Dovizioso tengah menunggu tawaran menjadi pengganti Marc.

Jika benar, maka Dovi akan bergabung dengan HRC dan menjadi rekan satu tim Pol Espargaro.

Sumber: Corsedimoto.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami