Marak Pencurian Airbag, Toyota Innova dan Honda Civic Jadi Target

Airbag yang menjadi salah satu fitur keselamatan mobil-mobil modern nyatanya tak hanya berfungsi mengurangi dampak kecelakaan. Partisi mobil yang terbuat dari kain nilon tipis ini nyatanya menjadi benda yang kini paling diincar maling.

Rabu, 24 Oktober 2018 15:45
Marak Pencurian Airbag, Toyota Innova dan Honda Civic Jadi Target ilustrasi airbag (Autobody-review.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Airbag yang menjadi salah satu fitur keselamatan mobil-mobil modern nyatanya tak hanya berfungsi mengurangi dampak kecelakaan. Partisi mobil yang terbuat dari kain nilon tipis ini nyatanya menjadi benda yang kini paling diincar maling.

Mungkin selama ini, pencuri akan menggondol mobil secara utuh. Atau, jika mencuri secara parsial, maka spion, velg, atau bahkan emblem yang kerap dicuri.

Jangan lengah, airbag pun kini popular untuk dicuri. Melansir Carscoops, berdasarkan data kepolisian dan penelitian dari USA Today, fenomena pencurian airbag ini bukan hal yang baru. Insiden pencurian airbag terjadi di Miami, New York City, dan Washington DC.

Hampir 50.000 airbag dicuri setiap tahun di Amerika Serikat, menurut data National Insurance Crime Bureau (NICB). Mayoritas airbag milik Honda yang sering dicuri, yakni model Civic dan Accord.

Tak hanya di Amerika Serikat, pencurian airbag juga marak di India. Bedanya, di India airbag milik Toyota Innova yang menjadi incaran para maling.

Menariknya, pencurian di India ini dilakukan denga sangat rapi sehingga tak merusak airbag. Pencurian itu dilakukan dengan melepas klip dasbor dengan hati-hati sehingga sistem airbag bisa terlepas.

1 dari 1 Halaman

Harga Airbag Puluhan Juta

Harga Airbag Puluhan Juta

Melansir Rushlane, polisi menduga adanya keterlibatan tenaga ahli dalam pencurian ini. Bisa jadi adalah seorang mekanik perusahaan mobil atau karyawan pusat layanan.

Pertanyaannya, untuk apa airbag tersebut dicuri?

Diketahui bahwa airbag curian itu dijual kembali di pasar gelap (black market) atau dijual secara langsung kepada pembeli secara online.

Airbag Toyota Innova Crysta yang dicuri di India (Rushlane)

Para pencuri biasanya menargetkan airbag depan sisi pengemudi. Karena bagian itu paling banyak dicari. Sehingga wajar jika airbag bahkan bisa mencapai USD 1.000 atau Rp 15 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 15.180).

Sementara di black market harga airbag berada di kisaran USD 200 (Rp 3 jutaan) hingga USD 300 (Rp 4,5 jutaan). Pembeli seringkali memakai jasa orang yang memperbaiki mobil di rumah untuk menghemat uang.

Sedangnkan di black market India, airbag curian ini harganya bisa melebihi INR 100.000 atau setara dengan Rp 20 jutaan (Kurs INR 1 = 202).

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami