Mantan Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo Bantah Kabar Dirinya Tak Bayar Pajak

Jorge Lorenzo membantah bahwa dirinya terlibat dalam kasus penggelapan pajak dan pencucian uang. Juara Dunia MotoGP itu mengatakan bahwa dia sudah membayar pajak yang diklaim dalam dokumen Red Charisma yang menyeret namanya.

Jum'at, 11 Desember 2020 19:45
Mantan Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo Bantah Kabar Dirinya Tak Bayar Pajak Jorge Lorenzo (Instagram/jorgelorenzo99)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Nama mantan pembalap MotoGP Jorge Lorenzo muncul dalam dokumen 'Red Charisma'. Seperti dilaporkan surat kabar El Confidencial yang dilansir dari Tuttomotoriweb, ada 500 nama yang termasuk politisi, pengusaha, dan Lorenzo sendiri.

Dalam dokumen itu, Jorge Lorenzo diduga mengemplang pajak senilai 856.966,50 euro atau setara Rp 14,6 miliar (Kurs EUR 1 = Rp 17.110), untuk tahun 2013 saat Lorenzo masih menjadi pembalap Yamaha. Soal kabar tersebut, Lorenzo pun akhirnya buka suara.

Melalui pernyataan yang dia bagikan melalui media sosialnya, pembalap asal Spanyol itu membantah bahwa dirinya terlibat penunggakan pajak dan pencucian uang.

1 dari 3 Halaman

Untuk Merusak Reputasi

Untuk Merusak Reputasi

Lorenzo mengatakan bahwa dia tidak tahu atau belum meminta layanan dari Alejandro Perez Calzada, yang mana merupakan orang yang diduga bertanggung jawab atas skema penipuan Charisma itu.

"Terkait dengan penggelapan pajak dan aktivitas pencucian uang adalah informasi yang salah dan menyesatkan dengan tujuan merusak reputasi saya," kata Lorenzo.

Dia melanjutkan, bahwa sejak tahun 2013, dirinya sudah tinggal di Swiss dan membayar pajak di sana. Menurutnya, otoritas di Swiss membela statusnya sebagai pembayar pajak dan mereka sepenuhnya mengetahui komposisi dan lokasi aset Lorenzo.

"Tidak ada yang tidak jelas," katanya.

2 dari 3 Halaman

Ambil Tindakan Hukum

Lorenzo juga menjelaskan bahwa dia sudah membayar semua pajak yang diklaim dalam dokumen tersebut kepada otoritas pajak Spanyol. Tapi, pengacaranya tidak puas dengan interpretasi dari agen pajak Spanyol yang meminta Lorenzo menjadi residen pajak Spanyol dan menuntut pengembalian uang.

Lebih lanjut, Lorenzo akan membawa pemberitaan El Confidensial ke jalur hukum meskipun surat kabar itu sudah meralat berita sebelumnya. "Saya ingin memperingatkan bahwa pengacara saya akan mengambil tindakan hukum terhadap media apa pun yang menegaskan tautan tersebut dengan skema penipuan," katanya.

3 dari 3 Halaman

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami