Makin Sulit, Nissan Kini Dituduh Curangi Emisi Gas Buang

Nissan, bersama Renault, dituduh mencurangi emisi gas buang.

Minggu, 28 Juni 2020 08:15
Makin Sulit, Nissan Kini Dituduh Curangi Emisi Gas Buang Nissan Qashqai (Nissan)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama setahun belakangan, Nissan tengah mengalami masa-masa sulit. Mantan bos mereka, Charlos Ghosn, ditahan dan beberapa pabrikan asal Jepang ini pun terpaksa ditutup, termasuk fasilitas di Indonesia.

Kini, mengutip dari AutoCar, Nissan kembali diterpa kabar tidak sedap, yaitu tersandung skandal dieselgate atau mencurangi hasil emisi gas buang kendaraan mereka. Sebelumnya, kasus serupa juga pernah dialami oleh raksasa otomotif Jerman, Volkswagen Group.

Menurut sumber yang sama, Harcus Parker, sebuah firma hukum yang bermarkas di Inggris, tengah menyiapkan gugatan perwakilan kepada pihak Nissan. Tak tanggung-tanggung, kasus ini pun turut menyeret rekan sealiansi mereka, yaitu Renault.

Pihak Harcus Parker menyebut bahwa ada 100 ribu unit Nissan Qashwai bermesin 1.200 cc yang melanggar batas emisi gas buang di Inggris hingga 15 kali lipat. mereka pun turut mengutip hasil pengujuan independen yang melibatkan 600 unit mobil Renault dan 700 unit produk Nissan di daratan Britania Raya.

1 dari 1 Halaman

Renault Megane

Setidaknya ada 4 model mobil Nissan yang dituduh mencurangi laporan emisi gas buang, yakni Nissan Qashqai, Nissan Note, Nissan Juke, dan Nissan X-Trail. Sedangkan 5 produk Renault juga terkena tuduhan serupa, yaitu Renault Clio, Renault Megane, Renault Captur, Renault Scenic, dan Renault Escape.

Dari data Harcus Parker, mobil-mobil yang terlibat kasus dieselgate merupakan unit keluaran tahun 2009-2018. Mereka pun menjelaskan ada sebuah dokumen yang berisi bahwa sebenarnya Pemerintah Inggris pernah meminta Nissan untuk memperbaiki masalah ini dengan melakukan recall, namun ditolak oleh Nissan.

Tapi jelas, pihak Nissan dan Renault kompak menolak tuduhan tersebut. Mereka mengaku tidak menggunakan alat untuk mencurangi emisi gas buang dan selalu mengikuti aturan pemerintah di daerah tempat mereka beredar.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami