Makin Marak, Penggunaan Aplikasi 'Tuyul' Oleh Oknum Pengemudi Taksi Online

Demi mendapat bonus yang banyak, sejumlah oknum pengemudi taksol main curang dengan 'aplikasi tuyul'.

Kamis, 25 Januari 2018 12:00
Pengguna aplikasi tuyul (foto: Twitter Kusumandaru & Grab)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Seperti yang sudah-sudah, penggunaan aplikasi online untuk kemudian memudahkan para pelanggan dalam memilih moda transportasinya pasti akan menuai pro dan kontra. Setelah adanya peraturan yang mengusung uji KIR sebagai syarat supaya mobil atau motor layak untuk dijadikan transportasi umum, muncullah satu aplikasi yang berbuat curang oleh sejumlah oknum.

Lewat akun twitter Kusumandaru disebutkan bahwa ada 'aplikasi' curang yang biasa dipergunakan oleh oknum pengemudi online yang sering disebut tuyul. Dipanggil aplikasi tuyul karena memang aplikasi ini seakan memberikan tambahan uang pada pengemudinya. Sejatinya, apa yang dimaksud dengan aplikasi tuyul bukanlah 100 persen aplikasi.

Supaya tidak dipergunakan lebih jauh lagi, maka redaksi Otosia sengaja tidak menunjukkan aplikasi apa yang disebut tuyul. Namun secara spesifik sejumlah pengemudi taksi online yang melakukan kecurangan, mengakali GPS pada handphone mereka. Menurut beberapa netizen, GPS dari handphone diakali supaya aplikasi tidak mengenali jarak yang sebenarnya.

Sebagai contoh, aplikasi tersebut akan membuat seorang pengemudi sudah lebih dekat dengan konsumennya sehingga tidak 'direbut' oleh pengemudi lain. Namun sejatinya jarak dari pengemudi masihlah cukup jauh. Dan belakangan sejumlah pengemudi tertangkap akibat menggunakan aplikasi tuyul tersebut. Wah kok jadi curang begini yak?

YANG LAINNYA JUGA GOKIL NIH, OTOLOVERS!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami